Sebum Penyebab Wajah Berjerawat? Ini Hal yang Perlu Kita Ketahui!

By Marcella Oktania, Jumat, 31 Agustus 2018 | 20:55 WIB
kulit flawless (munskin.com)

Kita punya kulit berminyak dan berjerawat? Jangan bingung, itu berasal dari sebum!  

Kalau sebum dalam keadaan yang stabil, kulit kita pasti bisa terlihat super sehat dan flawless!

Namun, saat produksi sebum kekurangan atau kelebihan, kulit kita pasti dalam keadaan yang enggak stabil dan pasti bermasalah!

Yuk ketahui hal lebih lanjut tentang sebum!

(Baca juga: Cobain 4 Tips Ini untuk Mencegah Kulit Berminyak Saat Bangun Tidur)

Apa itu sebum?

Sebum adalah minyak yang dihasilkan oleh sebaceous glands atau kelenjar minyak yang terdapat pada seluruh tubuh kita, kecuali di telapak tangan dan kaki kita. Kelenjar minyak tersebut menempel pada folikel rambut.

Simpelnya, sebum itu adalah pelembap alami kulit kita. Sebum membuat pelindung waterproof di kulit kita untuk selalu menjaga kelembapan kulit dan menjauhkan kulit kita dari polusi, debu, bakteri, dan kotoran lainnya. 

Produksi sebum tergantung pada hormon kita. Makin enggak stabil hormon kita, biasanya makin enggak terprediksi juga produksi sebum kita, entah makin banyak atau makin sedikit.

Tapi, produksi sebum akan semakin berkurang kalau umur kita semakin bertambah, nih.

Kelebihan sebum

kulit berminyak

Kelebihan sebum artinya kelebihan produksi minyak alami wajah. Nantinya, minyak alami tersebut akan menyumbat pori-pori kulit dan tercampur dengan berbagai macam kotoran yang menempel di wajah kita. Hasilnya, kulit kita bakalan muncul jerawat, komedo, dan whiteheads. Sebum juga ada yang tertinggal di permukaan kulit kita, menjadikan kulit terlihat shiny dan super berminyak.

Kalau hal ini sudah terjadi, pastikan kita menggunakan skincare untuk mengontrol produksi sebum yang terlalu berlebihan.