Selebrasi Kelas Dunia Ala Indonesia di Closing Ceremony Asian Games

By Istihanah, Senin, 3 September 2018 | 12:26 WIB
Penutupan Asian Games 2018 (foto bolasport)
 
 
Pesta Olahraga terbesar di Asia, Asian Games 2018 Jakarta-Palembang, resmi ditutup pada Minggu (2/9/2018).
 
Selama 20 hari, para atlet dari berbagai negara di Asia berkompetisi dalam berbagai cabang olahraga di Tanah Air. 
 
Perhelatan olahraga yang diadakan setiap 4 tahun sekali itu, enggak cuma berkesan bagi para atlet, tetapi juga masyarakat di Indonesia dan dunia. 
 
Mulai dari pembukaan yang sangat meriah dan penuh kejutan, hingga upacara penutupan yang sangat meriah. 
 
Mengusung tema ‘selebrasi’ pihak penyelenggara sukses membuat seluruh Stadion Utama Bung Karno merayakan keberhasilan para atlet. 
 
BACA JUGA : Favorit Semua! Ini Main Vocal Terbaik di Kpop Generasi Ke-3!
 
Jika pada opening ceremony tari daerah dipilih sebagai pembukaan, enggak demikian untuk closing ceremony Asian Games 2018
 
Kelompok marching band yang terdiri dari akademi kepolisian dan Drum Band akedemi militer dipilih sebagai pembuka di acara penutupan semalam. 

Kekompakan dan kepiawaian para taruna dalam acara itu pun sukses menimbulkan decak kagum dari para penonton yang hadir di Senayan. 

Acara kemudian dilanjutkan dengan parade bendera negara peserta Asian Games 2018 yang disusul dengan kehadiran para atlet yang telah berpartisipasi dalam acara itu. 

BACA JUGA : Favorit Semua! Ini Main Vocal Terbaik di Kpop Generasi Ke-3!

Kemudian, acara dilanjutkan dengan sambutan dari Presiden Jokowi melalui tayangan video, karena beliau sedang berada di Nusa Tenggara Timur. 

Selain memberikan selamat atas keberhasilan para atlet yang sudah berhasil menorehkan prestasi di ajang tersebut. Presiden Jokowi juga mengajak semua orang untuk mendoakan semua korban gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat. 

Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Wapres Jusuf Kalla dan Presiden Olympic Council of Asia Syech Ahmad Al-Fahad Al-Sabah. 

Rangkaian sambutan tersebut ditutup dengan penyerahan bendera OCA kepada Cina serta pengibaran bendera Republik Rakyat Cina selaku tuan rumah berikutnya untuk acara ini. 

BACA JUGA : 5 Idol Kpop Cewek yang Sukses di Usia Muda. Ada Idolamu?

Acara pun dilanjutkan dengan penampilan tarian akrobatik khas Cina yang kemudian dilanjutkan dengan penampilan penyanyi asal negara tersebut, Jackson Yee dan Jack Ma. 

Panggung hiburan pun dilanjutkan dengan penampilan Bams dan Lea Simanjuntak yang menyanyikan lagu Kemesraan yang disambut dengan cahaya dari ponsel semua yang hadir di acara tersebut. 

Penutupan Asian Games pun semakin dibuat meriah dengan penampilan Gigi yang menyanyikan lagu Rumah Kita dan Yang Terindah.

Semua lirik lagu pembuka tersebut seolah menggambarkan perasaan semua partisipan yang akan segera meninggalkan Indonesia dan kembali ke negaranya masing-masing. 

Enggak cuma itu, para penonton dan atlet khususnya yang dari Indonesia juga diajak bernostalgia oleh RAN.