Jangan Sampai Salah! Ini 4 Masalah Kulit yang Sering Disalahartikan

By Marcella Oktania, Rabu, 5 September 2018 | 13:10 WIB
kondisi kulit (theluxuryspot.com)

Ada berbagai macam kondisi kulit yang menyebabkan kulit kita terlihat bermasalah. Salah satunya adalah jerawat. Namun, enggak semuanya kult yang berbenjolan merah berarti jerawat, lho.

Enggak hanya jerawat, masih banyak masalah kulit lainnya yang sering kita salah artikan. Kalau perawatannya enggak sesuai dengan masalah kulit, bukannya menghilang, malah akan menyebabkan masalah kulit yang lebih parah!

Nah, daripada salah, lebih baik simak 4 masalah kulit yang sering disalahartikan ini! 

BACA JUGA: Ini 5 Hal Penting yang Harus Kita Ketahui Tentang Jerawat Hormon, Sudah Dengar?

1. Jerawat fungal

jerawat fungal

Jerawat fungal sering disalahartikan sebagai jerawat yang terjadi karena kelebihan sebum. Ini terjadi karena bentuk jerawat fungal dan jerawat biasa hampir mirip, yaitu kecil dan kemerahan. Padahal, jerawat fungal terjadi karena jamur, bukan karena bakteri, lho.

Walaupun memiliki bentuk yang mirip, tetap ada perbedaan yang mendasar, girls. Jerawat biasa enggak akan menyebabkan sakit, terbakar, dan rasa gatal yang berlebihan seperti jerawat fungal.

2. Rosacea

rosacea

Rosacea juga sering dikira jerawat, nih. Padahal rosacea juga berbeda dengan jerawat biasa.

Rosacea adalah kondisi hidung, dagu, pipi, dan dahi kita berwarna kemerahan. Selain itu, ada pula bintik-bintik kecil yang bernanah, kulit menjadi sangat kering di area tersebut, dan terasa sangat gatal.

3. Eczema dan psoriasis

eczema

Gejala eczema dan psoriasis memang terlihat sama, seperti berwarna kemerahan karena inflamasi, terasa gatal, dan kering. Keduanya bisa terjadi di seluruh tubuh kita, enggak hanya pada wajah. Namun, sebenarnya keduanya berbeda, nih.