Ini Dia, Penyebab Menumpuknya Sel Kulit Mati Pada Wajah. Wajib Tahu!

By Debora Gracia, Selasa, 11 September 2018 | 09:25 WIB
sana (style)

Sel kulit akan beregenerasi dan berganti setiap 28-30 hari, dalam prosesnya sel kulit baru nantinya akan keluar dan mendorong sel kulit mati ke permukaan kulit. Agar proses ini berjalan dengan baik kita diwajibkan melakukan perawatan eksfoliasi agar tidak terjadi penumpukan sel kulit mati. Tapi tahu enggak sih, apa saja faktor yang menyebabkan penumpukkan sel kulit mati? Nah, berikut ini ada 4 macam penyebabnya!

Usia

Kecantikan cewek rusia

Jika normalnya sel-sel kulit mati beregenrasi setiap 28-30 hari sekali, seiring bertambahnya usia maka rentang waktu tersebut akan semakin panjang. Singkatnya, kemapuan regenerasi kulit kita akan menurun saat kita bertambah tua, sehingga sel sel kulit mati pun akan menumpuk. Ditambah dengan kulit yang memproduksi minyak dalam jumlah yang semakin sedikit. Oleh karena itu, jangan heran jika hal ini dapat membuat kulit menjadi cepat kering sehingga mengakibatkan menumpuknya sel kulit mati.

Kurang Maksimal dalam Membersihkan Wajah

mencuci muka

Makeup, polusi , kotoran , dan minyak  dapat memicu terjadinya penumpukan sel kulit mati pada wajah. Oleh karena itu sangat wajib untuk kita membersihkan wajah secara maksimal setiap harinya. Jika kita tidak membersihkan wajah dengan maksimal, menggunakan micellar water asal-asalan, tentu kotoran, minyak, atau make up masih akan menempel pada wajah, alhasil kotoran-kotoran tersebut akan menghalangi proses pergantian sel-sel kulit yang terjadi setiap waktu dan membuat sel-sel kulit mati yang seharusnya terdorong ke permukaan malah menmpuk.

( Baca Juga: Bahaya! 5 Hal Ini Akan Terjadi Kalau Enggak Rajin Eksfoliasi Wajah! )

Melewatkan Eksfoliasi

eksfoliasi kulit

Membersihkan wajah dengan tahapan double cleansing saja setiap harinya tidak akan cukup untuk membersihkan wajah. Kita perlu melakukan ekfoliasi untuk membantu proses regenerasi agar lebih maksimal secara berkala, setidaknya satu atau dua kali dalam seminggu. Rutinitas ini menjadi wajib dilakukan, terutama saat usia kita bertambah dan kecepatan regenerasi kulit berkurang.

Dalam melakukan eksfoliasi ada 2 jenis yang dapat kita pilih, yakni secara fisik dengan butiran scrub atau secara kimiawi dengan chemical exfoliator seperti glycolic acid. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan kulit.