Apakah Labia atau Bibir Vagina Kita Normal, Temukan Jawabannya di Sini

By None, Senin, 8 Oktober 2018 | 19:30 WIB
Ilustrasi Labia (Cewekbanget.id)

Cewekbanget.id- Labia atau si bibir vagina, adalah bagian dari organ intim pada perempuan yang tampak jelas. Tapi bukan berarti labia enggak menyimpan misteri lain, lho girls.

Buktinya saja, masih banyak dari kita yang kurang memahami bentuk normal labia.

Dilansir dari Cosmopolitan.com, Dr. Barbara Levy, wakil presiden kesehatan di American College of Obstetricians and Gynecologists, memberi jawaban seputar bentuk labia yang normal.

Baca Juga : Bikin Make Up Tahan Lama, Intip 5 Rekomendasi Face Primer di Bawah Rp 100K

Ukuran

Labia terdiri dari dua bagian; labia majora, yang ukurannya lebih besar, gamuk, dan tertutup oleh rambut vagina, dan labia minora, yang berukuran lebih kecil, lebih halus, dan menempel pada labia majora.

Keduanya memiliki kegunaan sebagai pelindung vagina dan akan bertambah besar ukuran ketika berhubungan seks.

Menurut sebua penelitian di tahun 2005 tentang anatomi, ditemui fakta bahwa labia majora bisa berukuran sepanjang 7-12 cm, dan labia minora bisa berukuran sepanjang 2-10 cm.

Namun banyak perempuan yang merasa enggak nyaman dengan labia hang terlalu panjang, sehingga mereka memilih untuk melakukan operasi labiaplasty, untuk mengubah ukuran labia menjadi lebih pendek.

Baca Juga : Sering Ditanyakan, 5 Pertanyaan Mengenai Bau Vagina Akhirnya Terjawab

Bentuk dan warna

Sama seperti bentuk wajah, payudara, dan kaki yang asimetris, bentuk labia di satu sisi juga akan berbeda dengan bentuk labia di sisi lainnya. Demikian dipapak oleh Dr. Levy.