Sesar Kambing Sebabkan Gempa di Situbondo, Berikut Sesar Paling Mematikan di Indonesia

By None, Jumat, 12 Oktober 2018 | 12:18 WIB
Gempa Situbondo (twitter @infoBMKG)

Cewekbanget.id – Diketahui jika wilayah Jawa Timur dan Bali diguncang gempa bumi dengan kekuatan 6,4 SR pada Kamis, (11/10/2018) kemarin.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan episenter gempa berlokasi di laut pada jarak 55 km arah timur laut kota Situbondo, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

BMKG juga menjelaskan bahwa gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Baca Juga : Alami Depresi, Atlet Difabel Renang Berhasil Bangkit Karena Hal ini

Lalu apa yang menyebabkan gempa Situbondo?

Menurut Rovicky Dwi Putrohari, Dewan Penasihat Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI), penyebab gempa tersebut dikarenakan adanya pergerakan pada Sesar Kambing.

Sesar (atau yang sering kita dengar sebagai patahan) Kambing sudah terbentuk sejak lima tahun lalu, kata Rikcy dalam tulisan Dongeng Geologi dikutip pada Kamis (11/10/2018).

Menurut Ricky, Sesar Kambing cukup lebar dan memanjang dari utara Jawa Timur hingga Pulau Madura.

Baca Juga : 7 Lip Balm Korea yang Ampuh Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-pecah

Sebelum Sesar Kambing, kita juga mendengar nama Sesar Palu Koro, sesar yang menyebabkan gempa bumi di Donggala dan Palu pada Jumat (28/9/2018).

Menurut Ikatan Ahli Geologi Indonesia yang dikutip dari kompas.com pada Sabtu (29/9/2018), seharusnya Sesar Palu Koro tidak menyebabkan tsunami.

Namun ada tiga kemungkinan yang membuat tsunami menerjang Palu dan sekitarnya. Pertama dia bergeser. Pergeseran ini memicu adanya longsor bawah laut.