Rebusan Pembalut Jadi Narkoba? Ini Kasus Narkoba yang Enggak Masuk Akal Lainnya!

By None, Senin, 12 November 2018 | 15:57 WIB
Ilustrasi rebusan pembalut. (Tribunstyle.com)

Cewekbanget.id - Beberapa waktu belakangan ini lagi viral kasus dari fenomena remaja di Jawa Tengah yang mengkonsumsi air rebusan pembalut bekas sebagai pengganti narkotika.

Jadi mereka mengonsumsi air rebusan pembalut bekas tersebut agar mereka mengalami efek yang sama dengan mengonsumsi narkotika.

Kasus ini sudah diserahkan ke pihak yang berwajib dan juga Dinas Kesehatan Kota Semarang Jawa Tengah juga melakukan penelitian untuk melihat kandungan dari air rebusan tersebut.

Baca Juga : Fenomena Air Rebusan Pembalut yang Bikin Mabuk, Ternyata Zat Kimia Berbahaya ini yang Terkandung di Dalamnya

Dicari Tahu Apakah Ada Dampak Buruk Bagi Kesehatan

'Kalau di lapangan seperti itu ya perlu ada tindakan pencegahan," ucap Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Semarang Sarwoko Oetomo saat ditemui di sela kegiatan "Pentingnya Deteksi Dini dan Pencegahan Prediabetes" di Novotel, Semarang, Rabu (7/11/2018).

Sarwoko mengaku telah mendengar kabar perilaku remaja yang mengkonsumsi air di luar kewajaran tersebut.

Untuk saat ini, Dinkes Kota Semarang akan melakukan penelitian terlebih dulu sebelum menyampaikan kandungannya ke publik.

"Nanti setelah ada hasil penelitian dampak dari kebiasaan ini akan kami sampaikan," tambahnya.

Dijelaskannya, tim kesehatan nantinya meneliti zat-zat yang terkandung di dalam pembalut tersebut. Tim juga akan melihat dampak bagi tubuh seorang jika mengkonsumsi hal itu.

''Kalau secara nalar itu jelas penyimpangan dan tidak sehat," tambahnya.

Sejumlah remaja di Jawa Tengah sendiri dilaporkan mengkonsumsi air rebusan pembalut.