CewekBanget.ID - Sebagai generasi muda terkadang kita dibuat bimbang dengan dunia kerja yang semakin kompetitif ya, girls.
Terlebih kalau kita tertarik untuk berkecimpung di dunia bisnis, tentu banyak yang perlu kita siapkan dan strategi yang harus dipahami sebelum memulainya.
Sebenarnya tantangan ini memang sudah harus kita pikirkan sejak jauh-jauh hari lho.
Baca Juga: Kompas Fest Nagivate Bikin Kita Percaya Diri sama Passion Kita!
Melalui KOMPASFEST NAVIGATE, program ini hadir menjawab pertanyaan-pertanyaan generasi muda.
Lewat format workshop online bertajuk “Goes to Campus”, Harian Kompas bekerja sama dengan East Ventures, adakan webinar pada 7 Juli 2021.
Kali ini dengan tema “Entering the Competitive-World.”
Diskusi tersebut juga menghadirkan narasumber-narasumber muda berkompeten yang bisa berikan banyak insight untuk para peserta seminar.
Ronaldiaz Hartantyo (Co-Founder dan Chief Innovation Officer MYCL/Mycotech Lab), dia merupakan lulusan arsitek namun kini lebih fokus pada bisnis fashion unik dari sumber terbarukan yakni tanaman jamur.
Baca Juga: KILLCOVID19 Bareng Kompas Gramedia dan Kemenkes Bagikan Alat Kesehatan Buat Klinik Masjid Istiqlal
"Banting setir" yang dilakukan Aldi itu terbilang berani dan keren ya, girls!
Aldi menuturkan kalau kunci dari menjemput kesuksesan adalah berani memulai sesuatu, jika memang ada kesempatannya.
"Saya oportunis, jadi selalu coba melihat kesempatan.
Menurut saya passion saya sebenarnya adalah belajar, arsitek bukan passion.
Tapi gimana cara supaya passion saya tersalurkan, karena target saya tiap hari harus bisa level up.
Jadi fokus skill apa yang saya butuhin hari ini, itu yang dipelajari," ujar Aldi menjelaskan kenapa dia akhirnya berkecimpung di bisnis tersebut.
Bukan hanya Ronaldiaz Hartantyo yang berbagi pemikiran dan memotivasi para peserta seminar, ada Elisa Suteja, Co-CEO dari Fore Coffee yang juga hadir.
Bisnis jualan kopi, mungkin secara sederhana terlihat sudah mainstream dan banyak kita temukan di sekitar ya, girls.
Tapi lain kalau bisnisnya bisa berkembang pesat dan punya pasar juga kepercayaan konsumen yang kuat sepeti Fore Coffee.
Berbicara bisnis, Elisa sebagai Co-CEO berbagi pemikiran kalau kita mau memulainya, kita harus tahu apa yang kita mau terlebih dahulu.
Dengan menetapkan target kemauan itu, akan bisa lebih mudah dalam melangkah juga mengembangkannya.
Baca Juga: 11th Kompas100 CEO Forum: Kolaborasi Pemerintah dan Sektor Swasta
"Menurut saya, harus tahu apa yang pengin kita lakukan, jangan sampai kita (berbisnis) hanya terpenagruh kondisi sekitar kita.
Dengan tahu apa yang kita mau, ya akan bawa kta mengikuti hasilnya.
Brand, Promotion dan Partnership menjadi 3 kunci untuk menjalankan bisnis kopi Fore.
Sebetulnya ketika kita bisa buat value yang real (kualitas produk, kepuasan pelanggan), itu kesempatan akan makin besar," ucap Elisa.
Girls, kita masih bisa ikuti keseruan Kompasfest dengan banyak pembicara dan bahkan pelatihan-pelatihan yang bisa didapat.
Jangan sampai terlewatkan, karena Kompasfest Navigate diselenggarakan pada 20-21 Agustus 2021.
Cek sosial media Kompasfest untuk bisa dapatkan informasi lengkapnya ya!
(*)
Penulis | : | Tiara Harum Pramesti |
Editor | : | Indah Permata Sari |
KOMENTAR