CewekBanget.ID - Di bulan Ramadan ini, mungkin ada di antara kita yang sudah mulai menyiapkan berbagai hal untuk menyambut momen Hari Raya Lebaran.
Salah satunya yang enggak boleh terlewatkan adalah baju Lebaran nih, girls.
Jangan-jangan kita adalah salah satu yang sedang mencari referensi koleksi busana terbaik untuk merayakan Lebaran tahun 2022 ini.
Nah, kalau begitu, saat yang tepat bagi kita untuk menyaksikan pertunjukan virtual fashion show bertajuk Fashion Date!
Diinisiasi oleh Stylo Indonesia, pertunjukan busana ini menampilkan berbagai pilihan koleksi busana Muslimah dan modest wear untuk menyambut Ramadan dan Lebaran di tahun 2022.
Acara ini merupakan perpanjangan dari Beauty Date yang sempat diadakan pada 2020 lalu, dan kali ini menggandeng 9 brand media dari Female & Children Media Grid Network.
Seperti apa konsep acara ini dan koleksi busana dari desainer mana saja yang bakal ditunjukkan?
Makanya, jangan sampai terlewat momennya deh, girls!
Perpanjangan Beauty Date 2020
Apa itu Fashion Date dan bagaimana awal mula inisiasi acara ini?
Rupanya Fashion Date merupakan perpanjangan dari Beauty Date yang sempat diadakan pada 2020 lalu.
Kali ini, Fashion Date yang diinisiasi oleh Stylo Indonesia menggandeng 9 brand media dari Female & Children Media Grid Network.
"Sebagai inisiator, salah satu alasan saya menggelar Fashion Date perdana di tahun 2022 ini adalah sebagai perpanjangan dari acara Beauty Date yang sempat digelar di bulan Juli 2020 silam," ungkap Ridho Nugroho, M.I.Kom., Head of Fashion Beauty Grid Network & Show Director Fashion Date.
Ridho melanjutkan, tujuan lain dari penyelenggaraan acara ini adalah demi memperkuat posisi Female & Children Media Grid Network.
Hal ini mengingat Grid Network sebagai grup besar dari KG Media dengan audiens terbesarnya adalah perempuan di Indonesia.
Media yang berpartisipasi dalam ajang ini di antaranya Nova, Nakita, Sajian Sedap, Grid.ID, Stylo Indonesia, CewekBanget.ID, Parapuan, Bobo, dan GridKids.
Baca Juga: Intip Manisnya Baju Lebaran Mutiara Baswedan, Putri Anies Baswedan. Simpel!
Tren Fashion untuk Hari Raya Lebaran
Virtual trunk show yang terdiri dari 7 sesi berbeda ini menampilkan tren-tren fashion khususnya fashion hijab, fashion muslimah, dan busana modest untuk Hari Raya.
"Harapan terbesar kami, Fashion Date bisa menghadirkan beragam pilihan busana modest dan muslim untuk Ramadan dan Lebaran dari para fashion desainer berbakat Indonesia sesuai dengan tema Raya Collection 2022 yang diusung," kata Ridho.
Pada perhelatan Fashion Date 2022 ini, turut tampil pula Children Media Grid Network yang hingga kini masih menjadi satu-satunya media anak terbesar dan terbaik di Indonesia lewat Majalah Bobo, Majalah Mombi, Bobo.id, serta Grid Kids.
"Karena salah satu yang paling menarik dan paling dicari oleh masyarakat menjelang Lebaran adalah busana anak serta busana kembaran keluarga atau sarimbit," Ridho menjelaskan.
Penyesuaian Karakteristik
Fashion Date bekerja sama dengan Pelangi Wastra Indonesia (PWI), komunitas perkumpulan fashion desainer yang mengusung koleksi desainer yang terbuat dari kekayaan wastra khas Indonesia.
PWI sendiri selama ini memiliki tujuan untuk lebih memperkenalkan wastra Indonesia di mata dunia.
Baca Juga: Intip Manisnya Baju Lebaran Mutiara Baswedan, Putri Anies Baswedan. Simpel!
"Alasan kami menggandeng para fashion desainer dari PWI adalah tentunya kesamaan visi dan value dalam berkolaborasi," ungkap Ridho.
"Kami pun memberi tantangan kepada masing-masing para fashion desainer PWI untuk menciptakan koleksi busana spesial yang disesuaikan dengan karakteristik media dan audiens Female & Children Grid Network yang terlibat," lanjutnya.
Sementara itu, ketua PWI Leny Rafael mengaku menyambut baik ajakan kolaborasi tersebut.
"Saya dan teman-teman sangat bangga bisa ikut berpartisipasi di event Fashion Date ini. Koleksi busana untuk acara ini kami persiapkan selama 1 bulan. Dengan acara ini berlangsung, semoga karya-karya kami bisa menjadi inspirasi di Hari Raya," ungkap Leny.
Ada 8 desainer dari PWI yang masing-masing menciptakan dan menampilkan koleksi 3 buah busana eksklusif untuk Fashion Date, sesuai dengan tema yang telah ditentukan.
Ke-8 orang desainer yang berpartisipasi dalam Fashion Date adalah Leny Rafael, Dwi Lestari Kartika, Nydi Citra, Fia Prasetyahadi, Lala Gozali, Ning Santoso, Adelina, dan Putri Permana.
Proses Persiapan
Diinisiasi sejak Februari 2022, persiapan intensif untuk Fashion Date dilakukan selama 1 bulan terakhir dengan melibatkan total tim internal dan eksternal sebanyak 56 orang.
"Secara keseluruhan, waktu persiapan acara Fashion Date 2022 ini dilakukan kurang lebih selama 1 bulan dengan melibatkan tim internal serta partner eksternal," kata Ridho.
Ada sejumlah brand partnership yang turut terlibat dalam acara ini, yaitu PWI dan seluruh desainer, Tokopedia, Accha, Hangry Indonesia, Pergi Kuliner, dan Sinaro Group.
Virtual Trunk Show Fashion Date bisa disaksikan secara live di Tokopedia Play dan seluruh platform media sosial seperti Youtube Live, Instagram Live, TikTok Live, dan Facebook Live milik 9 media yang berpartisipasi pada 9 April 2022, mulai pukul 16.00 WIB.
Penayangan Virtual Trunk Show Fashion Date 2022 juga didukung oleh sejumlah media partner yaitu Stellar Women, Motion Radio, NetTV, Club Mode UI, Mind Talkers, BEM Podomoro University, BEM GAMA FIB Unpad, dan She Starts.id.
"Alasan di balik konsep Fashion Date: Virtual Trunk Show Raya Collection 2022 yang paling utama ialah kita masih berada dalam kondisi pandemi saat ini sehingga bijak rasanya tidak memaksakan diri untuk menggelar event offline. Dan, kami rasa, menonton peragaan busana secara virtual sudah menjadi tren baru di 2 tahun belakangan tanpa mengurangi esensi dari sebuah fashion show serta keindahan koleksi busana," jelas Ridho.
Jadi jangan sampai terlewat nih girls, segera meluncur ke platform media sosial terkait untuk menyaksikan ajang fashion show virtual yang satu ini!
(*)
Source | : | Stylo.ID |
Penulis | : | Salsabila Putri Pertiwi |
Editor | : | Salsabila Putri Pertiwi |
KOMENTAR