CewekBanget.ID - Setuju kan, Girls kalau sekarang ini, kita sebagai konsumen sering menilai suatu produk dari packaging dan konten yang ditawarkan.
Nah, kalau dilihat dari sisi pemilik usaha, dituntut deh buat lebih kreatif 'merayu' konsumennya.
Konten yang menarik ngaruh banget sama penjualan produk atau penggunaan jasa yang ditawarkan.
Banyak platform yang bisa digunanakan buat berpromosi, salah satunya yang masih jadi favorit adalah blog.
Pasalnya, blog punya ruang yang luas buat jadi temmpat mendeskripsikan produk atau jasa yang dijual.
Melalui sebuah blog atau website, konsumen bisa mengakses banyak informasi.
Mulai dari foto, tulisan, ilustrasi, sampai video yang mendukung materi promosi.
Ada banyak sekali jenis konten kreatif yang bisa dijadikan konten blog untuk memperluas pasar potensial, lho.
Apa aja nih? Kepoin yuk!
Baca Juga: Gratis! Ini 5 Aplikasi Bikin Desain Logo Biar Bisnis UMKM Kita Makin Dilirik
Ulasan tentang produk atau jasa
Sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli sebuah produk atau jasa, kebanyakan calonpelanggan akan mencari ulasan di berbagai platform online, termasuk blog.
Menciptakan konten kreatif dengan jenis ulasan ini tidak membutuhkan skill tertentu.
Online seller cukup mendeskripsikan produk atau jasanya secara detail dan menarik dengan bahasa yang mudah dimengerti.
Di samping mengulas produk secara mandiri, online seller juga bisa menciptakan segmen khusus yang berisikan ulasan-ulasan dari pelanggan karena bisa bantu naikin kredibilitas produk kita ke pelanggan, girls.
Tutorial, Tips and Trick!
Konten sejenis ini bisa menjadi nilai tambah yang mendorong keinginan calon pelanggan untuk merasakan langsung pengalaman dengan produk yang ditampilkan.
Konten yang berupa tutorial dan juga tips and trick bisa menjadi angin segar bagi sebuah blog karena kita bisa mengombinasikan artikel dan video tentang produk tersebut.
Baca Juga: #GirlsIn5piration, 7 Tanda Kita Cocok Jadi Pengusaha. Yuk Berbisnis!
Frequently Asked Question (FAQ)
Sediakan khusus dala blog kita tentang Frequently Asked Question (FAQ) ini, girls.
Sebagian orang merasa enggan untuk mengutarakan pertanyaan secara langsung, sehingga mereka memilih untuk berselancar ke internet demi mencari jawabannya.
Nah, FAQ ini berfungsi buat menjadi jawaban dari pertanyaan atau keraguan konsumen tentang produk atau jasa tersebut
FAQ juga bisa meringankan pekerjaan kita sebagai pemilik bisnis karena tidak harus menjawab pertanyaan yang sama berulang kali.
Giveaway produk
Siapa yang sering lucky saat ikutan GA atau giveaway?
Jenis konten yang satu ini tidak asing lagi dan selalu ditunggu di kalangan pengguna media sosial.
Kita bisa mengarahkan pengguna media sosial untuk mengunjungi blog bisnis kita dan melakukan interaksi ataupun engagement di sana.
Baca Juga: Jadi Pengusaha Muda Buat Bertahan, #GirlsIn5piration Simak 5 Tips Ini!
Sesuaikan momentum, syarat ketentuan, dan langkah partisipasi giveaway dengan target yang ingin dicapai, misalnya untuk mempromosikan produk atau jasa yang baru saja diluncurkan.
Konten giveaway juga terbukti bisa menggaet followers baru di media sosial, potensi customer baru,chingga meningkatkan trafik laman blog bisnis milik kita.
Biar lebih optimal tentang penulisan blog, yuk ikutan event seru Kognisi.id by Kompas Gramedia untuk belajar bersama dalam kelas Prakerja “Menciptakan Konten Kreatif Melalui Blog”.
Difasilitasi oleh Chief Operating Officer (COO) Kompasiana Nurulloh, kelas ini akan menyuguhkan pengetahuan menyeluruh terkait strategi konten, konsep SEO, hingga langkah-langkah monetisasi pada blog.
Baca Juga: Punya 21 Juta Followers, Intip 3 Sumber Utama Penghasilan Jessica Mila
(*)
Penulis | : | Septi Nugrahaini Rahmawati |
Editor | : | Septi Nugrahaini Rahmawati |
KOMENTAR