CewekBanget.ID - Zaman sekarang, siapa sih yang enggak tahu K-pop?
K-pop alias Korean pop kini bukan lagi sekadar genre musik, tetapi juga menyajikan budaya dan kebiasaan tersendiri untuk kalangan penggemarnya.
Demam K-pop sudah menyebar di dunia selama kira-kira 2 dekade terakhir, termasuk di Indonesia.
Malah, Indonesia kerap menjadi negara dengan jumlah penggemar K-pop terbanyak di dunia, lho!
Enggak bisa dipungkiri, begitu besar pengaruh K-pop di Indonesia, sampai pada akhirnya Indonesia juga memiliki boy group dan girl group sendiri dengan sentuhan khas K-pop.
Jadi, sejak kapan sih, K-pop booming di Indonesia?
Dimulai dari Program Televisi
Sebetulnya, K-pop mulai populer sejak awal tahun 2000-an di Korea Selatan, lalu merambat ke seluruh penjuru dunia setelah itu.
Di Indonesia sendiri, ada kemungkinan K-pop mulai digemari sejak hadirnya program televisi yang menayangkan musik mingguan Korea Selatan di Indonesia pada tahun 2011.
Tapi sebelum itu, kita yang terbiasa mendengarkan radio mungkin pernah mendapati juga lagu-lagu Korea yang kadang diputar di segmen yang sama dengan lagu Jepang atau lagu dari daerah-daerah lain di Asia.
Nah, karena lagu dan idola K-pop disiarkan di televisi Indonesia, banyak masyarakat pun tertarik untuk mendengarkan dan mengikuti tren ini.
Wajar nih, girls! K-pop menyajikan musik yang easy listening dan penampilan idola solo atau grup dengan dance yang enerjik dan visual yang menarik, pantesan banyak orang jadi menyukainya.
Baca Juga: Hallyu yang Mendunia, Kepoin Sejarah Korean Wave Jadi Fenomena Global | Yeorobun Festival
Boy Group dan Girl Group Lokal
Tren K-pop semakin terasa ketika Indonesia memiliki boy group dan girl group-nya sendiri, dengan sentuhan gaya dan musik khas K-pop.
Dua pionir boy group dan girl group Indonesia yang 'K-pop banget' pada masanya adalah SM*SH dan Cherrybelle.
Memang, pada saat itu enggak sedikit orang yang membanding-bandingkan grup idola lokal dengan grup K-pop yang dianggap lebih baik.
Tapi enggak bisa dipungkiri, kehadiran boy group dan girl group Indonesia juga turut andil dalam membuat orang-orang lebih menyadari kehadiran K-pop.
Indonesia dengan Fanbase K-Pop Terbesar
Fyi, bukan tanpa alasan nih, Indonesia kerap menjadi target pasar musik K-pop hingga brand-brand Korea di berbagai aspek.
Di tahun 2019 saja, Twitter merilis daftar negara yang paling banyak membuat twit tentang K-pop sepanjang tahun itu, dan Indonesia berada di peringkat ke-3 setelah Thailand dan Korea Selatan.
Sementara itu, untuk penayangan video K-pop di YouTube, Indonesia menjadi negara kedua dengan persentase viewers tertinggi.
Indonesia juga diketahui punya sejumlah fanbase K-pop yang besar dan loyal, bahkan sering dinotis oleh artis kesayangannya.
Jadi, sudah enggak penasaran lagi deh, dengan sejarah masuknya K-pop ke Indonesia dan alasan genre musik ini begitu dicintai di sini!
Baca Juga: Deretan Idol KPop yang Ulang Tahun Bulan November, Ada Bias Kamu?
(*)
Source | : | Wikipedia |
Penulis | : | Salsabila Putri Pertiwi |
Editor | : | Salsabila Putri Pertiwi |
KOMENTAR