CewekBanget.ID - Girls, kamu lagi memiliki rencana atau sedang menjalankan bisnis membuat brand lokal?
Kalau iya, tentunya kita harus terus belajar menambah ilmu baru setiap harinya yaa.
Hal ini dikarenakan tren yang ada di dunia baik untuk semua industri itu selalu berubah dengan cepat.
Salah satu faktornya adalah peran media sosial yang membuat suatu tren bisa cepat diketahui oleh banyak orang lewat konten viral.
Sehingga kita nih yang menjalankan bisnis brand lokal jadi dituntut untuk bisa beradaptasi dengan cepat atas perubahan yang dinamis tersebut.
Stefanie Yuli, Category Development Senior Lead Tokopedia, dalam acara Tokopedia Beauty Awards 2023 di Hallf Patiunus, Jakarta, pada Rabu, (7/12/2023), memberikan beberapa tips dan saran untuk para perintis bisnis brand lokal.
Stefanie percaya semua brand yang hadir dalam acara tersebut, yang berarti masuk nominasi Tokopedia Beauty Awards 2023, sudah sangat bagus mengikuti perkembangan tren dan punya cara berkembang yang berbeda-beda.
Tapi dia merangkum beberapa hal yang penting untuk diketahui oleh semua pemilik brand lokal.
Terus berinovasi
Inovasi itu penting untuk dimiliki agar keunggulan brand yang kita miliki berbeda dengan brand lain.
Sehingga brand kita nantinya enggak menjadi salah satu pilihan, melainkan satu-satunya pilihan yang akan pembeli cari.
Baca Juga: Rekomendasi Jurusan Kuliah untuk Calon Mahasiswa yang Suka Jualan
Bisa berkolaborasi dengan brand lain, influencer dan KOL
Kolaborasi dengan para influencer serta KOL atau key opinion leader itu penting, girls.
Selain untuk brand awareness untuk produk kita, produk kita akan jadi lebih dipercaya juga oleh banyak orang termasuk para followers dari influencer atau KOL tersebut.
Serta enggak menutup pintu untuk bisa berkolaborasi dengan brand lain.
Bisa dengan brand beda industri namun punya visi misi serta nilai yang sama untuk berkolaborasi.
Memanfaatkan momentum
"Untuk momentum belanja itu kita udah kebayang yaa.
Setiap awal bulan, minggu-minggu gajian, mungkin nanti mendekati hari raya, atau nanti mau gifting Valentine.
Di saat moment seperti itu kita enggak boleh ketinggalan untuk memberikan promosi bagi calon pembeli kita," jelas Stefanie.
Memanfaatkan fitur yang ada di e-commerce
E-commerce pastinya punya banyak fitur unggulan maupun baru yang bisa menguntungkan bagi para pemilik usaha brand.
Baca Juga: Saking Banyaknya, Prilly Jabarkan Apa Saja Kerjaan Dia Selain Aktris
"Seperti di Tokopedia contohnya kita sekarang ada 'Buy More Save More.'
Di mana kita meng-encourage pembeli, di mana kalau pembeli lebih banyak maka mereka akan mendapatkan promo yang lebih besar lagi," ucap Stefanie.
Selain itu juga para pemilik brand bisa kerjasama dengan Tokopedia untuk bisa lebih banyak lagi di-push konten kreatif mereka enggak hanya di aplikasi Tokopedia tapi juga di media sosial.
Tentang Tokopedia Beauty Awards 2023
Fyi, ada 5 kategori yang masuk dalam Tokopedia Beauty Awards (TBA) 2023 ini.
Yaitu Perawatan Wajah, Perawatan Tubuh, Alat Kecantikan, Makeup Mata dan Bibir, serta Brand Terbaik.
Di mana masing-masing kategori ada banyak nominasi penghargaan dengan total 32 nominasi penghargaan diberikan untuk para brand.
Melansir press release, para pemenang TBA 2023 ini dipilih berdasarkan beberapa kriteria.
Mulai dari popularitas brand di media sosial mainstream, peningkatan penjualan yang signifikan, dan juga perkembangan produk mereka, seperri seberapa sering dicari masyarakat di Tokopedia.
“Sepanjang periode pemilihan, Tokopedia telah mengumpulkan ratusan ribu votes dari seluruh Indonesia.
Tokopedia sangat mengapresiasi masyarakat yang telah memberikan suara kepada brand kecantikan dan perawatan tubuh pilihannya lewat Tokopedia Beauty Awards 2023,” jelas David Kartono, Vice President of Physical Goods Tokopedia.
Baca Juga: Phoebe Gates Anak Bungsu Bill Gates Ulang Tahun Ke-21, Siap Bangun Bisnis Baru
(*)
Penulis | : | Indah Permata Sari |
Editor | : | Indah Permata Sari |
KOMENTAR