CewekBanget.ID - Antara belanja online dan offline, mana yang paling kamu suka nih, girls?
Mungkin kalau 10 tahun lalu, belanja online enggak semudah dan seringkes sekarang ini di tahun 2024 ya.
Kita semakin dipermudah oleh teknologi yang membuat kita bisa belanja via online.
Apalagi pasca pandemi COVID-19 kemarin, belanja online pastinya meningkat pesat karena memang seluruh dunia melakukan pembatasan sosial berskala besar.
Ketika kita disarankan untuk enggak keluar rumah, segala aktivitas belanja pun jadi lebih banyak dengan cara online.
Nah, setelah melewati pandemi, antara belanja online dan offline pun masih punya pasarnya masing-masing.
Tapi tentunya ada perbedaan alasan ya kenapa orang lebih memilih belanja online atau sebaliknya, lebih suka offline.
Khususnya dalam industri kecantikan, ada nih hasil studi dari Beauty Consumer Behavior and Trend Report oleh Insight Factory by SOCO.
Melansir siaran press release, studi ini disusun dengan menggunakan metode Analisis Big Data Sociolla, Survei Konsumen, Analisis Tren Kecantikan, dan Publikasi Eksternal yang Relevan.
Big data-nya sendiri berasal dari 6 juta lebih konsumen Sociolla yang terdaftar sebagai SOCO member.
Nah, dalam survei ini terdapat penjelasan mengenai apa saja kebutuhan dari konsumen yang belanja produk kecantikan via online maupun offline.
Baca Juga: 3 Cara Memastikan Diskon dan Promo Belanja Worth It di Kantong Remaja
Kebutuhan para pembeli produk kecantikan via online
Para pembeli yang mengunakan paltform online untuk belanja produk kecantikan adalah mereka yang mau melakukan research dan membandingkan produk-produk yang ada untuk bisa mendapatkan produk yang paling worth it.
Ada empat alasan mereka membeli via online:
1. Harga terbaik cuma tersedia online (angka kembar, payday sale, dll) - (83%)
2. Bisa baca review produk terlebih dahulu - (77%)
3. Bisa membandingkan harga di antara beberapa online shop - (72%)
4. Produk terbatas yang hanya tersedia online - (54%)
kebutuhan para pembeli produk kecantikan via offline
Para pembeli belanja produk kecantikan secara offline biasanya mereka yang membutuhkan pengalaman langsung mencoba produk dan juga bisa konsultasi dengan orang yang tepat.
Empat alasan pembeli offline:
1. Mau merasakan langsung produknya (mencium, mencoba, melihat warnanya, tekstur, dll) - (77%)
Baca Juga: Harus Tahu, Inilah 10 Istilah Barang-barang Palsu di Online Shop
2. Menerima produk dengan kondisi yang aman - (66%)
3. Bisa konsultasi atau dapat rekomendasi dari Beauty Advisor di toko - (61%)
4. Cuma kebetulan lewatin tokonya - (58%).
Itu dia perbedaan kebutuhan orang yang beli produk kecantikan via online dan offline.
Kalau kamu lebih suka belanja via apa nih, girls?
Baca Juga: 11 Aspek yang Bisa Memengaruhi Tingkat Kepuasan Belanja Online
(*)
Penulis | : | Indah Permata Sari |
Editor | : | Indah Permata Sari |
KOMENTAR