Grid Networks | Minggu, 22 April 2018 | SIGN IN | SIGN UP

5 Kebiasaan yang Enggak Diduga Ternyata Bikin Muka Kita Jadi Berjerawat

  • Selasa, 20 Maret 2018 19:20 WIB

. | (foto: dramabeans)

Bagi cewek, kulit muka yang berjerawat merupakan hal yang mampu menurunkan kepercayaan diri dan mengganggu penampilan. Terkadang jerawat muncul justru karena kebiasaan yang sering dilakukan untuk menjaga penampilan dan kecantikan.

Mengutip situs Good Housekeeping, beberapa kebiasaan yang dilakukan para cewek malah menyebabkan timbulnya jerawat. Ini dia 5 kebiasaan yang enggak diduga ternyata bikin muka kita jadi berjerawat.

Baca juga: 3 Cara Mengatasi Jerawat Hormon yang Muncul Setiap Kita Sedang Menstruasi

Memiliki Poni

Bukan masalah gaya rambut kita, tapi apabila kita memiliki kulit yang berminyak, kita harus sering mencuci wajah agar minyak enggak menyebar ke seluruh bagian dahi.

"Hindari juga menata poni dengan jari kita. Ini hal yang enggak boleh dilakukan dan dapat memicu timbulnya jerawat," ujar Dr Ava Shamban, seorang dokter spesialis kulit.

undefined
.
Menggunakan sunblock untuk tubuh pada wajah
Mengaplikasikan sunblock setiap hari merupakan langkah yang baik untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Namun, perlu diperhatikan bahwa tabir surya untuk tubuh enggak boleh diaplikasikan pada muka.
"Sunblock untuk tubuh engggal diformulasikan untuk kulit muka yang lebih lembut. Sunblock ini seringkali mengandung minyak mineral yang dapat menyebabkan jerawat dan tersumbatnya pori-pori," jelas Dr Annie Chiu, seorang dermatolog dan pakar jerawat.

Baca juga: Cara Menghilangkan Jerawat Dalam Semalam ala Kendal Jenner

Enggak menggunakan kondisioner rambut yang tepat

"Apabila kita seringkali menemukan jerawat di sekitar garis rambut, kemungkinan ini terjadi karena kondisioner kita mengandung bahan oklusif yang menyebabkan pembentukan jerawat," terang dr Chiu.

Bila kita memiliki kulit yang rentan akan timbulnya jerawat, dr Chiu menyarankan agar kita menghindari produk yang mengandung lilin lebah, talc, minyak mineral, petrolatum, minyak kelapa, lanolin, dan isopropyl myristate.

Reporter : Aisha Ria Ginanti
Editor : Aisha Ria Ginanti

KOMENTAR

TULIS
ARTIKEL
EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×