Cewekbanget.ID –Ketertarikan masyarakat akan berbagai produk kecantikan dan perawatan tubuh, khususnyaskincare,semakin meningkatdi tengah pandemi Covid-19.
Menurut data laporan Badan Pusat Statistik (BPS) 2021,industri kosmetik mengalami peningkatan sebesar 9,61 persen. Selain itu,Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)juga mencatat,jumlah perusahaanyang bergerak di industri kosmetik juga meningkathingga 20,6 persen.
Kemudian,pelakuindustri kosmetik mengalami pertambahan menjadi 913 industri semenjak 2021 hingga Juli 2022. Peningkatantersebut didominasi oleh usaha kecil menengah (UKM), yakni sebesar 83 persen.
Tingginya minat masyarakat akan produk kecantikan mendorong Tokopedia sebagaie-commerceterbesar di Indonesia kembali menggelar ajangTokopedia Beauty Awards (TBA) 2022.Sebagai informasi, ajang ini digelar untuk mengapresiasi produk kecantikan dan perawatan diri lokal.
Baca Juga: Siap Nonton Konser Tahun Ini? Yuk, Tampil On-Point dengan Trik Make-up Ini
Melalui ajang penghargaan tahunantersebut, Tokopedia mengumumkan 25 produk terbaik dari merek lokal kecantikan danperawatan diriversi pilihan masyarakat yang sering dibelanjakan.
Hasil ini ditentukan berdasarkan ratusan ribu votes yang terkumpul melalui halaman khusus di aplikasi Tokopedia sepanjang 1-20 November 2022 lalu.
"Berdasarkan hasil votes, produk kecantikan dan perawatan diri lokal semakin menjadi pilihan utama masyarakat," ungkap AVP of FMCG-Long Tail Tokopedia, Marina Anggraini dalam keterangan tertulis yang diterima Cewekbanget.ID, Jumat (2/12/2022).
Ada pun para pemenangdipilih berdasarkan beberapa kriteria, mulai dari popularitas merek di media sosial mainstreamhingga perkembangan produk di Tokopedia seperti seberapa sering dicari masyarakat dan peningkatan penjualan yang signifikan.
Lebih lanjut, berikut adalah daftar pemenangTBA 2022berdasarkan kategorinya masing-masing.
Baca Juga: Berkat Marketplace, 2 Brand Kecantikan Lokal Ini Berhasil Bersaing dengan Brand Ternama