Grid.ID Networks | Kamis, 19 Oktober 2017 | SIGN IN | SIGN UP

6 Bahan Alami yang Ampuh Mengatasi Rambut Lepek

  • Senin, 31 Juli 2017 12:21 WIB

6 Bahan Alami yang Ampuh Mengatasi Rambut Lepek | foto: tumblr.com

Sudah masuk cuaca kemarau pasti udara sekitar semakin panas. Kalau udah begitu rambut pasti jadi gampang lepek. Rambut lepek bikin kita pengin keramas terus setiap hari. Padahal terlalu sering keramas bikin rambut malah jadi rusak. Berikut ini 6 bahan alami yang ampuh mengatasi rambut lepek.

  1. Sari Cuka Apel

undefined
alodokter.com

Cuka apel punya manfaat yang sama dengan toner yang kita pakai sehari-hari. Enggak hanya wajah, cuka apel juga dapat dipakai sebagai tonik rambut.

Cuka apel dapat melembutkan dan menyerap kelebihan minyak yang ada di kulit kepala kita. Selain itu cuka apel juga bikin rambut jadi lebih kuat dan berkilau. Cara menggunakannya oleskan dengan kapas setelah atau sebelum keramas.

  1. Minyak Kelapa dan Yoghurt

undefined
pinterest.com

Minyak kelapa dikenal sejak lama dapat mengatasi masalah rambut. Minyak kelapa biasanya digunakan sebagai pengganti kondisioner yang mampu meremajakan rambut yang rusak. Kombinasi antara minyak kelapa dan yoghurt dapat mengatasi rambut yang lepek.
Caranya campurkan 2 sendok makan minyak kelapa dan yoghurt kemudian oleskan merata pada rambut. Setelah didiamkan selama 2-3 jam, baru bilas dengan air dan keramas seperti biasa.
(Baca juga: Tips Membuat Rambut Jadi Ikal Instan dari Beauty Blogger Indonesia)

  1. Minyak Zaitun dan Pisang

undefined
pinterest.com

Pisang enggak hanya ampuh menurunkan berat badan tapi pisang juga dapat mengatasi berbagai macam masalah rambut. Pisang mengandung vitamin dan protein yang dapat menutrisi rambut supaya enggak gampang lepek.

Cara menggunakannya, haluskan 1-2 pisang kemudian tambahkan minyak zaitun secukupnya. Minyak zaitun ini berguna untuk memberikan kilau pada rambut supaya terlihat lebih sehat.

  1. Jeruk Nipis

undefined
pinterest.com

Jeruk nipis memiliki kandungan yang dapat mengontrol minyak berlebih. Sama seperti masker wajah, jeruk nipis ampuh menghilangkan minyak yang bikin rambut jadi lepek. Caranya campurkan jeruk nipis dan air atau kita juga bisa menambahkan sedikit cuka, kemudian balurkan pada seluruh bagian rambut dan diamkan kurang lebih satu jam, terakhir bilas dengan menggunakan shampoo.
(Baca juga: 3 Minyak Terbaik Untuk Merawat Rambut Ala Salon yang Bisa Bikin Rambut Sehat & Indah)

  1. Lidah Buaya

undefined
worldinforms.com

Lidah buaya atau aloe vera memiliki banyak kandungan vitamin C, protein dan zinc yang ampuh mengatasi permasalahan rambut. Aloe vera juga bisa mengontrol minyak berlebih penyebab rambut lepek. Cara menggunakannya dengan menambahkan jus lidah buaya saat keramas atau digunakan sebagai masker rambut.

  1. Madu

undefined
pinterest.com

Bahan alami yang terkandung pada madu sangat bermanfaat untuk kesehatan, salah satunya kesehatan rambut. Walaupun madu teksturnya lengket tapi enggak bakal bikin rambut jadi kelihatan makin lepek kok. Cara menggunakannya dengan mengoleskan madu ke seluruh bagian rambut dan diamkan selama 1 jam, kemudian bilas dengan air dingin.
(Baca juga: Konsumsi 5 Jenis Makanan Ini Kalau Pengin Punya Rambut Kuat dan Enggak Gampang Rontok)

 

Reporter : Jana Miani
Editor : Jana Miani

KOMENTAR

TULIS
ARTIKEL
EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×