Grid Networks | Minggu, 27 Mei 2018 | SIGN IN | SIGN UP

Kenali 6 Tingkatan Kekerasan Seksual Agar Kita Lebih Waspada

  • Senin, 23 April 2018 20:08 WIB

asiachan.com | .

April adalah bulan kepedulian dan pencegahan kekerasan seksual.  Di Amerika Serikat, gerakan ini diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan kepedulian terhadap kekerasan seksual dan mulai melakukan hal nyata untuk mencegahnya.

Untuk bisa mencegah kekerasan seksual, kita harus mengenali tingkatan-tingkatannya. Beberapa hal dalam tingkatan ini sering kali dianggap sesuatu yang wajar dan enggak berbahaya. Padahal sebenarnya setiap tingkat kekerasan seksual enggak boleh dilakukan dengan alasan apapun.

Yuk, kenali 6 tingkatan kekerasan seksual menurut Cooper (1985), agar kita bisa lebih waspada dan bisa mencegah kekerasan seksual untuk terjadi pada kita maupun orang-orang di sekitar kita.

Aesthetic Appretiation

Ini adalah tingkatan kekerasan seksual terendah. Seringnya enggak dianggap serius dan dianggap wajar. Perilaku ini sering kita temui di tempat umum, seperti dikedipin, disiulin, tatapan genit, sampai dipanggil “Cantik, nengok sini dong!”. Pelaku menganggap ini sebagai bentuk “pujian” pada kita padahal ini udah termasuk bentuk kekerasan seksual.

Active Mental Groping

“Mental groping” adalah poin saat perilaku visual dan verbal jadi semakin bahaya dan agresif. Bisa dibilang ini terjadi saat seseorang “menelanjangi” orang lain dengan matanya. Menatap bagian-bagian tubuh tertentu dengan tatapan yang bersifat seksual. Meski enggak ada kontak fisik, korban akan merasakan hal yang sama-sama enggak nyaman.

Social Touching

Social touching terjadi saat ada kontak fisik yang masih dalam batas wajar, seperti memegang pundak, punggung, atau lutut. Perilaku ini enggak seharusnya dianggap wajar kecuali orang yang disentuh mengizinkan atau menyatakan memang ingin disentuh seperti itu (memberikan consent). Sexual inuendos dan lawakan yang berbau seksual juga termasuk dalam tingkatan ini.

Salah satu contohnya adalah Adam Sandler yang beberapa kali menyentuh lutut Claire Foy saat berada di talkshow Graham Norton. Enggak hanya Claire Foy yang terlihat enggak nyaman disentuh Adam, Emma Thompson dan Cara Delevigne yang juga turut hadir, menunjukkan ekspresi enggak nyaman dengan perlakuan Adam. Meski Claire akhirnya mengakui dia enggak merasa terganggu, terlihat dari video yang beredar bahwa ekspresi mukanya mengatakan sebaliknya.

Reporter : Andien Rahajeng
Editor : Andien Rahajeng

KOMENTAR

TULIS
ARTIKEL
EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×