Grid Networks | Jumat, 19 Januari 2018 | SIGN IN | SIGN UP

Memelihara Kucing Ternyata Bikin Sehat, Lho! Ini Buktinya!

  • Sabtu, 13 Januari 2018 22:15 WIB

Ini dia manfaat memelihara kucing buat kesehatan! | foto: TvN

Memelihara kucing ternyata enggak hanya bikin kita happy karena seperti punya teman bermain, tapi ternyata memelihara kucing juga bermanfaat buat kesehatan kita, lho, girls.

(Baca juga: Bongkar Nasib Percintaan Kita Berdasarkan Bulan Kelahiran)

Mengurangi potensi penyakit kardiovaskular

Mmelihara kucing bisa bikin seseornag jadi lebih tenang dan menurunkan tekanan darah. Akibatnya, stres level kita juga menurun. Menurut studi dari University of Minnesota, seseorang yang enggak memelihara kucing memiliki kemungkinan meninggal akibat penyakit kardiovaskular dibandingkan dengan mereka yang memelihara kucing.

Memperbaiki sistem imun

Memelihara kucing ternyata bisa memperbaiki  sistem imun kita, karena kucing bisa merasakan kalau kita sakit. Akhirnya, kucing akan berusaha memberi kenyamanan dan membantu kita merasa lebih baik.

Kemungkinan terkena alergi menurun

Memelihara kucing sedini mungkin, semakin banyak manfaat yang kita dapatkan. Anak-anak yang memelihara kucing dapat terhindar dari risiko asma dan semakin memperkuat sistem imunnya. Akibatnya, alergi bisa segera dihindari.

Mood semakin membaik dan gejala depresi menurun

Kucing dapat mengalihkan kita dari kesedihan dan ketakutan. Hanya dengan mengelus dan bermain bersama kucing, kita jadi bisa menyeimbangkan mood kita.

Enggak merasa kesepian

Meskipun kucing terkenal dengan sifat alamiahnya yang penyendiri dan mandiri, tapi ketika memelihara kucing, ada hubungan dekat yang dijalin antara kucing dan pemiliknya. Faktanya, menurut studi di Swiss pada tahun 2013, memelihara kucing ternyata memberi efek yang sama seperti memiliki seorang pacar.

Kemampuan sosial semakin membaik

Peneliti asal Perancis di tahun 2012 mempublikasikan penelitiannya di PLOS One. Penelitian itu mengangkat pengaruh memelihara kucing pada penderita autisme. Hasilnya menyebutkan bahwa ketika penderita autisme berinteraksi dengan kucing yang dia pelihara, lambat laun kemampuan sosialnya akan semakin membaik.

(Baca juga: Bongkar 10 Alasan Kenapa Jatuh Cinta Sama Kutu Buku Banyak Untungnya!)

Reporter : Indra Pramesti
Editor : Indra Pramesti

KOMENTAR

TULIS
ARTIKEL
EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×