Grid.ID Networks | Jumat, 22 September 2017 | SIGN IN | SIGN UP

Punya Media Sosial Tuh Sebenarnya Penting Enggak Sih?

  • Minggu, 10 September 2017 12:15 WIB

Punya Media Sosial Tuh Sebenarnya Penting Enggak Sih? | Cewekbanget.id

Media sosial (medsos) adalah sesuatu yang enggak bisa lepas dari keseharian kita. Bahkan banyak dari kita yang memiliki lebih dari satu akun medsos, seperti Facebook, Instagram, Twitter, Path, YouTube, juga Snapchat.

Medsos juga jadi bagian yang penting di hidup kita. Mulai dari feed Instagram yang harus aesthetic, pemilihan profile picture di Facebook, juga tweet di Twitter yang kita pikirkan secara matang. Tapi pernah enggak sih terpikir, apakah medsos terlalu mempengaruhi hidup dan kondisi mental kita?

Dan pertanyaan utamanya, punya medsos tuh sebenarnya penting enggak sih?

(Baca juga: Cewek Ini Pernah Mengalami Pelecehan Seksual di Media Sosial, Ini Cara Menghadapinya)

Manfaat Media Sosial

Medsos memang menyenangkan untuk digunakan, apalagi medsos juga memiliki berbagai manfaat buat kita.

1. Mengekspresikan diri

undefined

Banyak dari kita yang masih melakukan pencarian identitas diri dan mencari cara yang paling tepat untuk mengekspresikan diri. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan medsos.

Contohnya, kita yang gemar fotografi dapat membuat akun Instagram khusus untuk foto-foto yang kita ambil. Atau kita yang suka makeup bisa mencari inspirasi makeup dengan menonton video-video makeup tutorial di YouTube. 

Dengan medsos kita jadi bisa mengekspresikan hobi atau hal-hal yang kita suka tanpa batas. Kita pun dapat bertemu dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama dengan kita melalui medsos.

2. Memperluas kehidupan sosial

undefined

Medsos mampu menghubungkan kita dengan semua orang dari berbagai belahan dunia. Di medsos pun terdapat berbagai komunitas sesuai dengan minat, sehingga kita dapat menemukan teman-teman baru dengan mudah.

Mendapatkan teman baru dari kota maupun negara yang berbeda juga dapat menambah wawasan kita mengenai bahasa dan budaya dari  tempat teman kita berasal.

3. Menyambung hubungan pertemanan

undefined

Enggak hanya mempertemukan kita dengan orang baru, medsos juga berguna untuk menemukan teman-teman lama. Kita dapat terhubung kembali dengan teman SD atau SMP dengan mencari medsos mereka.

Selain itu, kita juga bisa menyambung hubungan pertemanan dengan orang yang baru kita kenal melalui medsos. Misalnya, saat bertemu dengan teman baru saat traveling ke luar kota, kita bisa nge-add dia di medsos untuk tetap terhubung dengannya meski liburan telah usai.

4. Menjadi sumber informasi

undefined

Sering enggak sih kita mendapatkan berita terbaru dari medos, bukannya dari portal berita?

Soalnya dengan cepatnya penyebaran informasi di medsos, kita dengan gampang bisa mendapat update banyak info dan berita melalui postingan orang lain di medsos.

5. Meningkatkan keuntungan bisnis

undefined

Jika kita punya bisnis sambil sekolah atau kuliah, medsos bisa menjadi salah satu sarana untuk meningkatkan keuntungan kita lho. Dengan membuat akun medsos, bisnis kita pun bakal diketahui oleh banyak orang, sehingga dapat mendatangkan lebih banyak customer.

Makanya banyak banget toko yang berjualan secara online di Instagram juga Facebook, karena mereka bisa mendapatkan pelanggan dengan lebih banyak dan cepat.

(Baca juga: Ngobrol Soal Medsos Bareng Young Lex. Intip Yuk!)

 

Dampak Negatif Media Sosial Pada Mental

undefined

Meski memiliki manfaat, terdapat juga dampak-dampak negatif pada mental yang ditimbulkan oleh medsos, seperti isolasi sosial, depresi, dan merasa kesepian.

Berikut dampak negatif penggunaan medsos bagi mental kita.

undefined
Cewekbanget.id/Amanda Siswandani

Menurut penelitian Royal Society Open Science, banyaknya teman di medsos enggak berarti kita memiliki kehidupan sosial yang baik.

Soalnya kita harus menjaga pertemanan secara fisik juga dengan cara bertemu secara langsung, enggak hanya berkomunikasi melalui medsos.

Berteman secara virtual enggak memiliki efek menenangkan yang sama dengan berteman secara langsung di dunia nyata.

Beberapa seleb juga pernah berhenti menggunakan medsos dengan alasan pengin merasakan dunia nyata dan enggak hanya hidup di internet. Seleb yang pernah menutup akun medsosnya dengan alasan ini diantaranya Ed Sheeran, Miley Cyrus, dan John Mayer.

(Baca juga: Aktif Pramuka Sejak SD, Cewek Ini Kini Jadi Wakil Ketua Dewan Kerja Nasional Gerakan Pramuka)

 

Jangan Menggunakan Medsos Secara Berlebihan

undefined

Dengan berbagai manfaatnya, sebenarnya medsos tuh baik untuk kita asal enggak digunakan secara berlebihan sampai menimbulkan kecanduan.

Ini cara-cara yang bisa kita lakukan supaya enggak kecanduan medsos.

1. Matikan notification

Bunyi notification bakal membuat kita sulit berkonsentrasi dan pengin terus-terusan mengecek handphone. Matikan notification supaya kita bisa tetap fokus dengan kegiatan dan tugas sehari-hari.

2. Beri batasan

Kasih batasan dua jam untuk bermain medsos setiap harinya, sehingga kita hanya akan menggunakan medsos selama 14 jam dalam seminggu. Saat waktu dua jam habis, kuatkan diri kita untuk benar-benar berhenti.

3. Melakukan hobi

Karena waktu medsos kita sudah berkurang dengan adanya batasan dua jam bermain medsos dalam sehari, ini saatnya kita mencari hobi baru!

Kita bisa mencari aktivitas-aktivitas baru atau melakukan sesuatu yang selama ini selalu ditunda. Melakukan hobi juga akan mengalihkan pikiran kita dari medsos.

4. Bertemu dengan orang di dunia nyata

Jangan hanya menghabiskan waktu dengan orang di internet, tapi bertemulah dengan orang-orang di dunia nyata. Hubungan kita akan semakin erat kalau sesekali melakukan meet up.

5. Take a break

Ketika kita merasa gelisah atau cemas saat enggak bisa menggunakan medsos selama seharian, itu tandanya kita sudah kecanduan dan harus beristirahat dari medsos.

Kendall Jenner dan John Mayer juga melakukan hal ini. Cobalah menjauh selama satu minggu dari medsos untuk melakukan healing dan menyegarkan pikiran.

Awalnya memang susah, tapi bakal worth it kok. Sebab kita jadi bisa menghabiskan waktu lebih banyak di kehidupan nyata dan melakukan banyak kegiatan yang positif.

Reporter : Intan Aprilia
Editor : Intan Aprilia

KOMENTAR

TULIS
ARTIKEL
EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×