Selalu Waspada, Lakukan 7 Hal Ini saat Tsunami Terjadi!

By Siti Fatimah Al Mukarramah, Minggu, 30 Desember 2018 | 10:00 WIB
Waspada tsunami (theverge.com)

CewekBanget.ID - Posisi Indonesia yang terletak di daerah Cincin Api Asia Pasifik membuat negara kita ini jadi lebih rawan terjadi bencana alam seperti gempa bumi hingga tsunami.

Baru-baru ini, bencana tsunami yang enggak diduga-duga terjadi di Selat Sunda pada hari Sabtu (22/12/2018) lalu yang merenggut lebih dari 400 korban jiwa.

Pastinya kita enggak pengin hal-hal serupa terjadi lagi, tapi enggak bisa dipungkiri kalau bencana bisa datang kapan aja.

Untuk mengantisipasi dan selalu waspada, ada beberapa hal yang harus dan yang enggak boleh kita lakukan saat tsunami datang nih, girls!

Wajib tahu, berikut beberapa hal yang harus kita lakukan saat tsunami datang!

Baca Juga : Bongkar Kepribadian Seseorang Berdasarkan Warna Favoritnya! Setuju?

1. Bergerak ke tengah laut

Ketika kita lagi berada di kapal atau perahu di tengah laut saat tsunami terjadi, usahakan untuk enggak bergerak menuju pantai atau daratan terdekat.

Lebih baik, bergeraklah ke arah tengah laut karena gelombangnya lebih rendah dibandingkan di pantai.

2. Jauhi pantai

Saat udah ada peringatan tsunami, secepat mungkin kita harus langsung menghindari daerah pantai dan pergi ke dataran yang tinggi.

Kalau waktu yang kita punya untuk melarikan diri sedikit, lebih baik berusaha untuk memanjat pohon yang tinggi yang ada di sekitar, ya!