Ini 5 Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru 2019 yang Wajib Kita Ketahui!

By Elizabeth Nada, Senin, 31 Desember 2018 | 21:48 WIB
Penerimaan Mahasiswa Baru (shutterstock.com)

Cewekbanget.id - Girls, buat kita yang duduk di kelas 12 atau kelas 3 SMA (Sekolah Menengah Atas), pasti sekarang sedang disibukkan dengan persiapan menyambut Ujian Nasional (UN), ya. 

Selain itu, kita juga sudah mulai sibuk untuk memilih ke perguruan tinggi mana kita akan melanjutkan pendidikan. Sudah menuntukan pilihan mau lanjut kemana, girls?

Nah..biar enggak salah informasi, buat kita yang mau masuk ke perguruan tinggi baik Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ataupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS), wajib tahu berbagai jalur penerimaan mahasiswa baru yang bisa kita tempuh.

Kali ini cewekbanget.id akan membahas 5 jalur penerimaan mahasiswa baru 2019 yang perlu kita ketahui!

Baca Juga : Belum Move On Dari Mantan? Ini Kegiatan Biar Enggak Galau Saat Malam Tahun Baru

1. SNMPTN

SNMPTN

Salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru kalau kita pengin masuk universitas negeri. SNMPTN adalah singkatan dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri.

Bukan berdasarkaan nilai ujian, seleksi SNMPTN berdasarkan nilai rapor kelas 10, 11, dan semester 1 kelas 12 untuk SMA/MA/SMK atau nilai rapor semester 1-7 untuk SMK dengan masa belajar 4 tahun, girls.

Pendaftarannya gimana? Nah..kalau untuk pendaftarannya, kita harus minta tolong pihak sekolah untuk mendaftarkan nama kita ke website tertentu. Pendaftaran dimulai dari tanggal 4-25 Januari 2019. Setelah itu, kita bakal dapat NISN dan password yang kita butuhkan dari sekolah untuk mendaftar lebih lanjut.

Pengisian berkas yang dibutuhkan dimulai sejak 4-14 Februari 2019. Setelah itu, kita bisa mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.

Baca Juga : 8 Quotes Inspiratif Biar Semangat Sambut Tahun Baru 2019! Kepoin Yuk!