Harus Diperhatikan, 4 Tanda Ini Menunjukkan Jantung Kita Bermasalah. Jangan Anggap Sepele!

By Siti Fatimah Al Mukarramah, Rabu, 31 Juli 2019 | 12:30 WIB
Tanda jantung bermasalah (foto : halodoc)

CewekBanget.ID - Perubahan gaya hidup yang semakin enggak sehat, membuat penyakit jantung lebih gampang menyerang siapa aja, enggak terkecuali anak muda.

Kalau jantung kita enggak berfungsi sebagaimana mestinya, seluruh organ tubuh kita pun akan terhambat kerjanya dan enggak menutup kemungkinan bisa menyebabkan kematian.

Selain serangan jantung, penyakit jantung lain yang mungkin bisa menyerang kita antara lain penyakit jantung koroner, gagal jantung, penyakit katup jantung, penyakit pembuluh darah, hingga masalah jantung bawaan.

Semua penyakit yang berhubungan dengan jantung erat banget kaitannya sama nyawa kita.

Penyakit yang berubungan dengan jantung sebenarnya bisa banget dideteksi lewat berbagai tanda yang ditunjukkan oleh tubuh kita.

Seperti apa sih tanda jantung yang sedang bermasalah?

Yuk cari tahu gejala jantung bermasalah di bawah ini! Kalau udah mengalami hal tersebut, segera konsultasikan ke dokter, ya!

Baca Juga: Jarang Terekspos, Intip Ayunya 7 Potret Farrah Habibie, Cucu B.J. Habibie yang Punya Paras Cocok Jadi Artis!

Dilansir dari Journal of American College of Cardiology, kita bisa mencaritahu kondisi jantung kita apakah dalam kondisi yang baik atau justru sebaliknya. Berikut tanda-tandanya:

1. Nyeri di dada

Saat kita merasa nyeri di dada yang disertai sama rasa berat saat bernapas, hal ini bisa jadi menandakan kondisi jantung kita yang kurang baik.

Sayangnya, masih banyak orang yang keliru kalau gejala ini bisa aja menunjukkan sakit maag.

Kalau udah parah, biasanya rasa nyeri ini akan dibarengi pula dengan kesulitan bernapas, jantung berdebar, pusing, keringat, dan mual.

2. Terasa ada yang menarik otot di dada