Beda Cara Tiap Negara #HadapiCorona, dari Tes Massal sampai Lockdown

By Salsabila Putri Pertiwi, Rabu, 25 Maret 2020 | 11:21 WIB
Pandemi corona. (Foto: coronavirus.thebaselab.com)

CewekBanget.ID - Meluasnya penyebaran virus corona (COVID-19) secara global membuat WHO menetapkan fenomena ini sebagai pandemi.

Berbagai negara telah melakukan macam-macam tindakan pencegahan dan penanganan dalam menghadapi kasus virus corona dengan cara masing-masing.

Tindakan preventif yang sejauh ini dilakukan terutama mencakup larangan berkumpul, penutupan tempat-tempat umum, tes massal, hingga lockdown.

Baca Juga: #HadapiCorona, Apakah Kita Bisa Tertular Virus Corona Lewat Paketan Belanja dari Olshop? 

Tes Massal

Penyebaran virus Corona

Korea Selatan adalah negara yang menjadi model dalam pemberlakuan tes massal (rapid test) untuk mendeteksi COVID-19.

Pemerintah Korea Selatan menyediakan 50 klinik pemeriksaan drive-through yang proses pengambilan sampelnya hanya memakan waktu 10 menit, sedangkan para tenaga kesehatan menangani hingga 15.000 tes per hari.

Di negara ini, ditemukan lebih dari 7.500 kasus dengan 50 korban jiwa, mayoritas terjadi di kota Daegu.

Selain tes massal, Korea Selatan juga sempat menerapkan physical distancing dengan menutup perkantoran dan sekolah umum, serta menunda atau membatalkan berbagai acara yang mestinya digelar selama beberapa bulan ke depan, contohnya konser.

Enggak hanya Korea Selatan, Singapura juga menerapkan tes massal segera setelah wabah virus corona diketahui merebak di Cina.

Negara ini langsung menyiapkan kapasitas laboratorium untuk mengadakan tes massal dan bahkan mengembangkan perangkat tes mereka sendiri demi mencegah pembludakan jumlah pasien di rumah sakit nantinya.