Tanda Kita Keseringan Pakai Hand Sanitizer. Bakteri dan Virus Malah Kebal!

By Salsabila Putri Pertiwi, Sabtu, 23 Mei 2020 | 15:10 WIB
memakai hand sanitizer (pinterest.com)

CewekBanget.ID - Salah satu cara yang dianggap efektif dan praktis untuk menjaga kebersihan dan mencegah penularan virus corona adalah dengan menggunakan hand sanitizer.

Sejak COVID-19 ditetapkan sebagai pandemi global, hand sanitizer berbahan alkohol langsung diburu masyarakat sehingga sempat mengalami kelangkaan di pasaran.

Tapi hand sanitizer juga sebaiknya digunakan seperlunya saja lho, girls!

Baca Juga: Inez Cosmetics Bagikan Ratusan Ribu Hand Sanitizer untuk Bantu Perangi Covid-19!

Akibat Keseringan Menggunakan Hand Sanitizer

Akibat keseringan pakai hand sanitizer bisa membuat kulit kering.

Kalau masih ada wastafel atau aliran sumber air bersih dan sabun antiseptik di sekitar kita, sebaiknya gunakan itu untuk membersihkan tangan dibanding menggunakan hand sanitizer, ya.

Sebab penggunaan hand sanitizer yang terlalu sering justru dapat menyebabkan bakteri baik pelindung imunitas tubuh menghilang serta membuat bakteri jahat dan virus lebih kebal seiring berjalannya waktu.

Dilansir dari Kompas.com pada Jumat (22/5/2020), walaupun penelitian terkait hal ini masih berlangsung, namun pada 2011 studi Epidemic Intelligence Service di Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS menemukan, tim medis yang relatif sering menggunakan cairan antiseptik hampir enam kali lebih berisiko terkena infeksi usus yang disebabkan norovirus.

Nah, jadi kalau melihat tanda-tanda atau kebiasaan berikut ini, apakah kita terlalu sering menggunakan hand sanitizer untuk mencuci tangan?

Menggunakan Hand Sanitizer Sebelum Menyentuh Apapun