Ingin Belajar Bisnis Online Sejak Muda, Ini Ide Usaha yang Bisa Dicoba Girls!

By Nana Triana, Selasa, 26 Mei 2020 | 16:53 WIB
Ilustrasi wirausaha muda (Nohat.cc)

Girls, tahukah kamu bahwa banyak pengusaha sukses di dunia mulai merintis usahanya sejak usia muda. Misalnya saja pendiri situs e-commerce yang menyediakan berbagai kebutuhan fasion wanita muslimah seperti hijup.com.

Diajeng Lestari pendiri hijup.com memulai kewirausahaan di bidang fashion sejak usia 25 tahun. Nah, hal ini membuktikan bahwa jika kamu punya perencanaan matang, tujuan yang jelas, dan mau belajar, berbisnis di usia muda tidaklah mustahil.

Jangan minder jika belum punya konsep bisnis yang “wah” dan hanya memiliki modal sangat minimalis. Pesatnya perkembangan teknologi dan informasi di era digital seperti sekarang ini, membuat berbagai kemudahan termasuk untuk memulai bisnis.

Manfaatkan platform online untuk berbisnis. Mulai saja dari yang paling mudah, yaitu media sosial. Manfaatkan aplikasi seperti Facebook, Instagram, dan Whatsapp Business untuk jadi tempat usahamu. Gunakan saja akun bisnis untuk memisahkan kepentingan usaha dengan pribadi.

Baca Juga: Nambah Uang Jajan, Yuk Buat 5 Barang Bernilai dari Daur Ulang Sampah Plastik!

Kalau mau menjangkau lebih banyak calon konsumen kamu juga bisa memanfaatkan situs-situs marketplace lho girls.

Memulai kewirausahaan di usia muda, mengutip dari Entrepreneurs.com memberikan banyak manfaat bagimu ketika beranjak dewasa. Selain lebih peka terhadap risiko, melatih keuletan, dan membantumu menemukan passion.

Namun, bisnis apa ya yang bisa dimulai dan dijalani sambil tetap fokus sekolah atau kuliah?

1. Reseller kosmetik dan skincare

Kesukaanmu bereksperimen dengan produk-produk skincare dan mencoba beragam gaya make-up bisa diubah jadi bisnis. Oleh sebab sudah paham betul apa benefit dan spesifikasi setiap produk skincare atau make-up kamu bisa jadi semacam beauty advisor untuk audiens media sosialmu.

Awalnya dari review, selanjutnya kamu bisa menjual produk-produk skincare dan make-up yang sedang tren sebagai reseller atau dropshipper. Mengingat kamu belum punya modal besar sistem reseller dan dropshipper ini lebih ideal.

Baca Juga: Mau Buka Usaha Sendiri di Usia Muda? Pakai 10 Tips yang Bermanfaat Ini