Pasien Corona Ternyata Masih Terus Bertambah Jelang New Normal!

By None, Selasa, 2 Juni 2020 | 21:00 WIB
Jelang New Normal, ternyata masih ada penambahan positif pasien virus corona. (Thinkstock)

CewekBanget.ID - Indonesia dan dunia bakalan bersiap-siap menyambut kehidupan New Normal atau Normal Baru untuk menghadapi virus Corona.

Diperkirakan New Normal di Indonesia sendiri bakalan dimulai minggu depan, setelah sebelumnya  telah dilakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada akhir Maret lalu.

Dikutip dari Grid Health, daerah pertama di Indonesia yang memberlakukan PSBB adalah DKI Jakarta diikuti dengan 20 daerah lainnya.

Baca Juga: Canggih! Ini Manfaat KTP New Normal atau KIRAB di Era Hidup Baru!

Sejak pemberlakukan PSBB, laju pertumbuhan kasus Corona memang melambat.

Selama tanggal 2-31 Maret, rata-rata penambahan pasien positif corona nyaris 30% per hari.

Namun sejak PSBB berlaku, lajunya melambat sangat signifikan. Pada 1 April-30 Mei, persentase pertumbuhan kasus adalah 4,85% per hari.

Walaupun menurun, sayangnya ada kemunduran sosial-ekonomi yang meresahkan.

Untuk itu, biar penyebaran virus Corona bisa melambat, tapi aktivitas tetap bisa berjalan lancar, dilakukanlah New Normal yang harus mengikuti protokol kesehatan, seperti jaga jarak, memakai masker, dan mengutakan kebersihan.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mengumumkan ada 102 kabupaten/kota yang sudah masuk kategori zona hijau dan siap menjalankan New Normal. Sementara Provinsi DKI Jakarta dan Jawa Barat akan mengakhiri masa PSBB diperkirakan masing-masing pada 4 Juni dan 12 Juni. 

Baca Juga: Perketat PSBB Jakarta, Warga Membandel Siap-siap Buat Karantina dengan Uang Pribadi

Namun ternyata, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 juga mencatat masih ada pertambahan kasus positif virus corona baru (Covid-19) menjelang penerapan New Normal, lho!

Berdasarkan data penanganan Covid-19 per Senin (1/6) pukul 12.00 WIB, jumlah pasien positif Covid-19 masih terus bertambah.