Kenali Gangguan Pernapasan Asfiksia dan Gejalanya. Membahayakan Jiwa!

By Salsabila Putri Pertiwi, Sabtu, 6 Juni 2020 | 16:10 WIB
Sesak napas (chemistanddruggist.co.uk)

CewekBanget.ID - Gangguan pernapasan dalam bentuk apapun bisa mengancam jiwa, seperti halnya asfiksia.

Gangguan pernapasan tersebut mengindikasikan kondisi tubuh yang kekurangan oksigen atau kelebihan karbon dioksida sehingga seseorang enggak sadarkan diri, bahkan dapat mengancam nyawa.

Yuk, kenali soal asfiksia dan berbagai penyebabnya.

Baca Juga: Awas! Ini 5 Makanan yang Bisa Ganggu Sistem Pernapasan Kita!

Asfiksia

Menurut kamus Merriam Webster, asfiksia adalah kondisi kurangnya oksigen atau kelebihan karbon dioksida dalam tubuh yang disebabkan oleh gangguan pernapasan.

Normalnya dalam proses pernapasan, tubuh akan mengambil oksigen dari luar, kemudian paru-paru kaan mengirimkan oksigen ke dalam darah dan dibawa ke seluruh jaringan tubuh, lalu sel-sel dalam tubuh akan menggunakan oksigen untuk menghasilkan energi.

Sedangkan dalam kondisi asfiksia, pernapasan terganggu sehingga seseorang dapat enggak sadarkan diri atau bahkan terancam jiwanya.

Gejala Asfiksia

Dilansir dari Healthline, beberapa gejala asfiksia antara lain kulit pucat dan membiru, kesulitan bernapas, detak jantung enggak normal, dan otot-otot yang terasa melemah.

Dalam kondisi lebih parah, asfiksia dapat menyebabkan kegagalan beberapa organ tubuh lain seperti paru-paru, jantung, ginjal, dan otak.