Begini Jenis Bahan dan Kombinasi Masker Kain 3 Lapis Menurut WHO!

By Salsabila Putri Pertiwi, Selasa, 9 Juni 2020 | 21:16 WIB
Masker kain (thewirecutter.com)

CewekBanget.ID - Terkait pencegahan COVID-19 yang telah berlangsung selama beberapa bulan terakhir, World Health Organization (WHO) memperbarui beberapa panduan kesehatan.

Dilansir dari Kompas.com, direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam pidatonya pada Jumat (5/6/2020) menyebutkan beberapa poin, salah satunya adalah penggunaan masker kain yang kini wajib terdiri dari 3 lapis.

“Panduan terbaru kami memuat informasi terbaru dalam hal komposisi masker kain, berdasarkan kajian akademis yang diminta oleh WHO,” tutur Ghebreyesus seperti dikutip dari situs resmi WHO, Minggu (7/6/2020).

Baca Juga: Bahaya Olahraga Menggunakan Masker, Bisa Kurangi Asupan Oksigen!

Masker 3 Lapis

Masker kain

Berdasarkan kajian baru ini, lanjut Ghebreyesus, WHO mengimbau masyarakat untuk menggunakan masker kain dengan minimal 3 lapisan berbeda.

Mengutip panduan terbaru WHO “Advice on the use of masks in the context of COVID-19: Interim guidance” yang dirilis pada 5 Juni 2020, masker non-medis atau biasa disebut masker kain bisa terbuat dari berbagai bahan dan kombinasi.

Kombinasi dari berbagai jenis kain dan material menghasilkan filtrasi yang berbeda terhadap kemampuan untuk bernapas dan penyaringan virus. 

Saat ini, standar masker kain telah ditetapkan oleh French Standarization Association (AFNOR Group) dengan jumlah filtrasi minimal 70% terhadap partikel solid atau droplet.

Masker kain minimal harus memiliki 3 lapisan dengan kombinasi yang beragam, dengan beberapa jenis kain yang bisa digunakan antara lain: