Penjelasan Ahli Soal Virus Baru Flu Babi yang Viral Muncul di Cina!

By Salsabila Putri Pertiwi, Selasa, 30 Juni 2020 | 20:10 WIB
Ilustrasi Virus (Foto: WebMD)

CewekBanget.ID - Belum beres persoalan terkait pandemi virus corona (COVID-19) di seluruh dunia, belakangan ini kabar mengenai para ilmuwan yang mengidentifikasi jenis baru flu di Cina dan konon berpotensi menjadi pandemi pun viral dan memicu perbincangan di media sosial.

Melansir BBC (29/6/2020) dari Kompas.com pada Selasa (30/6/2020), virus tersebut muncul dan dibawa oleh babi, tapi dapat menginfeksi manusia.

Para peneliti khawatir virus dapat bermutasi lebih lanjut sehingga dapat menyebar dengan mudah dari orang ke orang dan memicu wabah global.

Baca Juga: Banyak yang Salah! Ini Cara Tepat Memakai & Melepas Masker Untuk Cegah Virus Corona!

Virus Flu Babi G4 EA H1N1

Ilustrasi sakit flu

Meskipun bukan masalah langsung, peneliti mengungkapkan bahwa virus mempunyai semua ciri yang sangat disesuaikan untuk menginfeksi manusia dan karena itu membutuhkan pemantauan ketat.

Pandemi flu terakhir yang dihadapi dunia, wabah flu babi tahun 2009 yang dimulai di Meksiko, enggak begitu mematikan dibandingkan ketakutan pada awalnya.

Virus tersebut disebut influenza A atau H1N1pdm09, sementara jenis flu baru yang telah diidentifikasi di Cina mirip dengan flu babi 2009 dengan beberapa perubahan baru.

Sejauh ini virus yang disebut G4 EA H1N1 tersebut diklaim enggak menimbulkan ancaman besar, namun harus tetap diawasi.

Disebutkan bahwa virus tersebut dapat tumbuh dan berkembang baik di sel-sel yang melapisi saluran udara manusia.

Peneliti menemukan bukti infeksi baru-baru ini mulai pada orang yang bekerja di rumah potong hewan (RPH) dan industri babi di Cina.