Shawol Tuntut Klarifikasi Drama 'It's Okay to Not Be Okay' Karena Pakai Frasa Jonghyun 'SHINee'

By Salsabila Putri Pertiwi, Jumat, 3 Juli 2020 | 19:45 WIB
Drama 'Its Okay To Not Be Okay' (foto : Netflix)

CewekBanget.ID - Drama 'It's Okay to Not be Okay' beberapa waktu ini mendapat kritik dari Shawol, sebutan untuk penggemar boy group SHINee.

Pasalnya, diduga drama ini menggunakan salah satu frasa kalimat dari mendiang Jonghyun 'SHINee' dengan sedikit modifikasi dan enggak mencantumkan sumber referensi kalimat tersebut dalam drama.

Demi mendapat klarifikasi dari tvN dan CJn sebagai stasiun televisi yang menayangkan 'It's Okay to Not be Okay,' Shawol pun menaikkan sejumlah tagar di media sosial.

Baca Juga: 6 Drama Korea Ini Rilis di Bulan Juli 2020. Enggak Sabar Nonton!

Frasa Serupa Tanpa Sumber Referensi

Penggalan kalimat teaser 'Its's Okay to Not be Okay' yang diduga menjiplak frasa Jonghyun 'SHINee'

'It's Okay to Not be Okay' atau 'Psycho but It's Okay' adalah drama dari stasiun televisi Korea tvN yang tayang sejak 20 Juni 2020.

Sebelumnya, akun Twitter CJn atau kanal drama dari tvN itu membagikan video teaser drama tersebut pada 2 Juni 2020.

Pada video itulah Shawol menemukan kejanggalan berupa kalimat, "운명이 뭐 별건가. 우리가 운명이지," atau dalam Bahasa Inggris berarti, "Is fate something unusual. We’re fate," yang didapati pada durasi 0:26-0:30.

Frasa tersebut sangat mirip dengan sebaris kalimat dari rangkaian konser tunggal Jonghyun, 'AGIT: The Letter' yang berbunyi, "운명이 별건가 싶어. 우리가 운명이지," dengan sedikit perubahan redaksional kata pada frasa yang digunakan dalam drama tapi tetap bermakna sama persis dengan kalimat asli dari Jonghyun.

Penjelasan mengenai kemiripan kalimat di 'It's Okay Not to be Okay' dengan frasa milik Jonghyun 'SHINee'.

"Di konser (AGIT) ini deh Jonghyun nulis suratnya, ada 4 chapter," jelas Ulnay, salah satu Shawol Indonesia kepada CewekBanget pada Jumat (3/7/2020).