Anggota Keluarga Sendiri Juga Bisa Toxic! Ini Tanda-tandanya!

By Salsabila Putri Pertiwi, Senin, 13 Juli 2020 | 14:27 WIB
reply 1988 ()

CewekBanget.ID - Keluarga seharusnya jadi lingkungan sosial paling aman buat kita.

Tapi tentu ada beberapa situasi ketika anggota keluarga malah membuat kita merasa enggak nyaman, tertekan, hingga stres alih-alih saling memberikan cinta, hormat, dan kepedulian.

Yap, anggota keluarga juga bisa muncul dengan karakteristik toxic atau 'beracun' dan membuat yang lainnya merasa enggak betah berada di sekitar orang tersebut, apalagi dengan kondisi seperti saat ini yang mau enggak mau membuat kita lebih sering berada bersama keluarga.

Baca Juga: Lebaran di California, Maudy Ayunda Ngaku Kangen Bareng Keluarga!

Kondisi keluarga yang toxic enggak hanya bikin kita atau anggota keluarga yang lain jadi enggak berkembang, tetapi juga bisa menghasilkan trauma.

Yuk, kenali tanda-tanda lingkungan keluarga yang toxic!

Enggak Nyaman

Pinocchio

Kalau kita merasa enggak nyaman atau enggak suka berada di antara keluarga, terutama di sekitar anggota keluarga tertentu, mungkin hal itu karena sifat dan perilaku mereka.

Ada beberapa situasi yang bisa menjelaskan kita enggak suka berada di sekitar mereka dan pada saat tersebut memahami bahwa mereka sangat toxic, seperti keengganan untuk berinteraksi dengan mereka.

Perasaan enggak nyaman tersebut juga bisa timbul jika mereka kerap memberikan perlakuan yang bikin kita jengah atau risih, atau sering membuat kita merasa bersalah.

Hasilnya, kita jadi gampang cemas hanya dengan berada di sekitar mereka.