8 Ritual Ini Harus Kita Lakukan Kalau Kesulitan Bangun Pagi!

By Salsabila Putri Pertiwi, Sabtu, 25 Juli 2020 | 08:10 WIB
Ilustrasi bangun tidur (freepik.com)

CewekBanget.ID - Bangun pagi tentu jadi masalah bagi sebagian orang yang enggak termasuk 'morning person', bahkan meskipun kita mesti mulai beraktivitas sejak pagi hari.

Biasanya ketika kita memaksa diri untuk bangun pagi dengan cara yang salah, kita malah bakal sakit kepala dan tubuh terasa lemas atau lelah.

Menurut para ilmuwan, ada 10% dari kita yang tergolong 'night owl' atau jenis orang yang lebih produktif di malam hari dan lebih mampu bangun siang mengikuti jam biologis mereka.

Sementara 10% lainnya adalah orang-orang yang masuk kelompok 'morning persondan 80% lain berada di antara keduanya.

Nah, jadi bagaimana ya, cara yang tepat supaya kita bisa mengubah kebiasaan kita dan bangun lebih pagi untuk beraktivitas?

Baca Juga: Mau Wajah Terlihat Flawless Saat Bangun Tidur? Ini Dia 5 Rahasianya!

Membangun Rutinitas Tidur

Kita akan bangun dengan segar jika cukup tidur, sayangnya kebanyakan dari kita hanya memiliki waktu tidur sekitar 5-7 jam.

Padahal tidur cukup bisa mengistirahatkan pikiran, membersihkan racun dari otak selama kita tidur, dan mengistirahatkan tubuh untuk hari berikutnya.

Jadi mulailah dengan membangun rutinitas tidur, girls.

Misalnya, lakukan hal-hal yang bisa membuat tubuh rileks dan mengantuk seperti mandi air hangat atau mematikan ponsel seenggaknya satu jam sebelum tidur agar otak enggak selalu aktif.

Selain itu, jangan makan terlalu larut karena tubuh enggak bisa mencerna makanan dalam perut yang terlalu penuh secara efisien dan sulit rileks untuk tidur.