Ahli: Pandemi Rupanya Dapat Mengubah Kepribadian Kita! Kok Bisa?

By Salsabila Putri Pertiwi, Senin, 31 Agustus 2020 | 11:10 WIB
Cara Jepang #hadapicorona (Foto: Kompas.com)

CewekBanget.ID - Kehidupan kita berubah drastis hanya dalam jangka waktu beberapa bulan saja akibat pandemi COVID-19.

Sebagian besar perubahan tersebut bisa kita rasakan dari gaya hidup dan rutinitas sehari-hari, misalnya kewajiban pemakaian masker, pembatasan jarak fisik, dan imbauan untuk enggak berkumpul di tempat-tempat ramai.

Akan tetapi, karena kehidupan kita berubah, apakah kepribadian kita juga mengalami perubahan?

Baca Juga: 2 Negara yang Enggak Pernah Menutup Bioskopnya Selama Pandemi!

Efek Michelangelo

Menurut Jen Hartstein, Yahoo Life Mental Health Contributor, karakteristik unik pada setiap individu cenderung konsisten.

Namun, perubahan dalam hidup berpotensi memberikan dampak signifikan pada kepribadian kita, yang menurut Hartstein terlihat dalam fenomena psikologis yang disebut Efek Michelangelo.

"Efek Michelangelo adalah gagasan bahwa kepribadian kita berubah di saat kita mendapat dukungan dari orang lain, atau ada perubahan hidup," kata Hartstein kepada Yahoo Life seperti dilansir dari Kompas.com, Jumat (28/8).

Jadi, menggunakan analogi seniman Michelangelo, kepribadian kita diukir dari pengalaman kita.

Pandemi menghentikan kita dari gaya hidup sehari-hari yang sibuk.

Dalam kehidupan sehari-hari tanpa pandemi, kita terus bergerak dan enggak pernah sempat untuk berhenti dan melihat hidup kita.

Bagi banyak orang, lanjut Hartstein, pandemi adalah masa di mana kita keluar dari rutinitas padat dan mencari tahu tiga hal, antara lain keinginan di dalam hidup kita, cara mendapatkan keinginan tersebut, serta apa yang bisa kita lakukan untuk mewujudkannya.