Pakai Headset Terlalu Lama Sebabkan Gangguan Pendengaran, Banyak Terjadi Pada Remaja!

By None, Kamis, 22 Oktober 2020 | 21:04 WIB
Mendengarkan musik pakai headset (freepik.com)

CewekBanget.ID - Kalangan remaja atau anak muda biasanya gemar mendengarkan musik atau menonton sambil menggunakan headset atau earphone.

Memang menggunakan perangkat tersebut mempermudah kita untuk mendengar audio dari ponsel atau gadget lainnya dengan lebih jelas dan minim gangguan suara.

Tapi meskipun headset saat ini didesain lebih aman dan nyaman bagi telinga, penggunaan headset dalam jangka panjang tetap berbahaya bagi kita, lho.

Baca Juga: Gini Cara Atasi 4 Gangguan Pendengaran yang Sangat Menyiksa Ini!

Bahaya Bagi Pendengaran

Ilustrasi mendengarkan musik

Penggunaan headset dalam jangka panjang bisa menjadi masalah jika sering dipakai dengan durasi yang lama dan volume yang keras.

Awal 2015, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan bahwa 1,1 miliar orang muda mempunyai risiko kehilangan pendengaran karena alat audio pribadi dan kebisingan suara di tempat-tempat hiburan, seperti diskotek dan konser musik yang tingkat kebisingan dapat mencapai 120 dB selama berjam-jam.

Dilaporkan 1 dari 5 remaja Amerika Serikat sudah menderita gangguan pendengaran dan gangguan pendengaran di kalangan remaja saat ini adalah sekitar 30 persen lebih tinggi dibandingkan pada tahun 1980-an dan 1990-an.

Ambang Batas Aman

Seseorang masih aman mendengarkan suara di headset sampai 85 desibel (dB) sepanjang hari atau delapan jam, kira-kira setara dengan suara lalu lintas kota yang bising.