Apa Itu Impostor Syndrome yang Dialami Seo Dal Mi di 'Start-Up'?

By Salsabila Putri Pertiwi, Senin, 7 Desember 2020 | 18:21 WIB
Drama 'Start-Up' (foto : tvN via Hancinema)

CewekBanget.ID - Para penonton setia drama 'Start-Up' pasti sedikitnya pernah bersimpati kepada Seo Dal Mi (Bae Suzy) ketika mengetahui bahwa dia dibohongi oleh cowok yang disukainya, Nam Dosan (Nam Joohyuk) dan mentornya di Sand Box, Han Jinpyeong (Kim Seonho).

Kalau kita ada di posisi Dalmi saat itu, pasti kita juga merasa marah, kesal, dan sedih, seperti yang Dalmi rasakan ketika rahasia besar dua cowok itu terbongkar.

Namun apa yang terjadi pada Dalmi sedikit berbeda, sebab ia berusaha bersikap profesional ketika di sisi lain, dia juga mengalami masalah psikologis lainnya saat dia merasa semua pencapaian diri dan kepercayaan dirinya adalah sebuah kebohongan dan kepalsuan.

Kondisi psikologis ini disebut sebagai impostor syndrome atau sindrom penyemu atau sindrom penipu.

Sebearnya apa sih, impostor syndrome seperti yang dialami Seo Dal Mi dan juga banyak orang lainnya?

Baca Juga: Stres Bikin Kita Gampang Sakit? Begini Penjelasan Ilmiahnya!

Impostor Syndrome

Enggak percaya diri

Seperti dilansir dari Time, perasaan yang dialami Seo Dal Mi tersebut dikenal dengan sebutan impostor syndrome (sindrom penipu) atau yang sering disebut para psikolog sebagai fenomena penipu.

Diperkirakan 70% orang mengalami perasaan penipu ini di beberapa titik dalam hidup mereka, menurut sebuah artikel ulasan yang diterbitkan dalam International Journal of Behavioral Science.

Sindrom penipu memengaruhi semua jenis orang dari semua bagian kehidupan.

Ketika mengalami sindrom ini, kita akan merasa semua hal yang terjadi dalam hidup kita, termasuk keberhasilan yang dicapai hanyalah karena keberuntungan semata dan bukan karena bakat atau kualifikasi pribadi.