Marak Penularan COVID-19 Dari OTG, Yuk Cegah Dengan Cara Ini!

By Salsabila Putri Pertiwi, Rabu, 9 Desember 2020 | 20:23 WIB
Physical distancing (atalayar.com)

CewekBanget.ID - Belakangan ini, angka kasus positif COVID-19 meningkat di Indonesia.

Kebanyakan kasus penularan terjadi dari orang tanpa gejala (OTG) COVID-19.

Di tengah situasi seperti saat ini, kita memang harus ekstra waspada terhadap kemungkinan adanya OTG di sekitar kita demi mencegah terjadinya penularan.

Baca Juga: Lakukan Ini Jika Pernah Kontak dengan Orang Positif COVID-19! Jangan Panik!

Apa Itu OTG?

Cara Jepang #hadapicorona

Dalam Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 yang dikeluarkan pada pada 27 Maret 2020, OTG diartikan sebagai mereka yang enggak bergejala dan memiliki risiko tertular dari orang yang terkonfirmasi positif COVID-19 (kasus) tapi memiliki kontak erat.

Sementara itu kontak erat adalah seseorang yang melakukan kontak fisik atau berada dalam ruangan atau berkunjung dalam radius 1 meter dengan PDP atau kasus konfirmasi COVID-19.

Kemudian dalam Keputusan Menteri Kesehatan (Kepmenkes) Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/413/2020 tentang Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease 2019 (COVID-19), istilah OTG diubah menjadi menjadi kasus konfirmasi tanpa gejala (asimptomatik).

Waspada OTG

Selama enggak dilakukan tes swab atau PCR, kita belum akan mengetahui apakah seseorang terinfeksi COVID-19 atau enggak, terlebih pada seseorang yang enggak mengembangkan gejala.