Menjalani Hobi Ternyata Bisa Menyelamatkan Hidup Kita? Kok Bisa?

By Salsabila Putri Pertiwi, Sabtu, 16 Januari 2021 | 07:00 WIB
Drama 'More Than Friends' (foto : JTBC via Hancinema)

CewekBanget.ID - Mungkin pandemi yang telah berlangsung selama setahun membuat kita merasa enggak berdaya dan lelah secara mental.

Sebetulnya hal ini bisa diatasi dengan menggunakan waktu untuk melakukan sesuatu yang bisa membuat kita lebih merasa waras, sekaligus menjalankan introspeksi diri.

Salah satu hal yang bisa kita lakukan adalah menjalani hobi yang dapat membuat kita merasa hidup, pasalnya mencoba melakukan hal baru ternyata dapat meningkatkan kesehatan mental dan akan membuat kita berkembang sebagai individu.

Baca Juga: Paling Baik Bagi Kesehatan Mental: Tidur, Pola Makan, atau Olahraga?

Menghasilkan Otak yang Lebih Kuat

Penelitian menunjukkan, orang yang terus berpikir akan mengurangi efek-efek penuaan yang enggak perlu, salah satunya kepikunan.

Misalnya, jika kita kerap melakukan hobi yang menantang, seperti olahraga ekstrem, hal itu akan meningkatkan fungsi kognitif dan mengurangi proses penuaan.

Sebenarnya untuk memulai sesuatu yang baru, kita enggak perlu mengubah seluruh kebiasaan atau semua aspek kehidupan kok; cukup memulai dengan sederhana, seperti mulai menanam di dalam pot, atau membuat sesuatu dari tanah liat, atau hal lain yang bisa dipelajari di internet.

Singkatnya, ketika kita sudah terbiasa dengan hobi baru, otak akan menjadi lebih aktif dari biasanya dan akhirnya, otak mulai menghubungkan jalur saraf yang baru dan lebih kuat.

Ini adalah rahasia untuk berpikir secara efisien dan cepat; terlepas dari usia dan generasi kita saat ini, mempelajari hobi baru dapat mencegah demensia dan secara signifikan mengurangi penuaan kognitif.

Membantu Mewujudkan Potensi Diri

Drama 'Run On'