Kenali Perbedaan Vaksin Sinovac dengan 6 Vaksin COVID-19 Lainnya!

By Salsabila Putri Pertiwi, Rabu, 13 Januari 2021 | 12:47 WIB
Vaksin covid-19 Sinovac (YouTube Sekertariat Negara)

CewekBanget.ID - Menteri Kesehatan Republik Indonesia menetapkan tujuh jenis vaksin Covid-19 yang akan digunakan untuk pelaksanaan vaksinasi di Tanah Air.

Ketetapan itu dituangkan dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/ Menkes/12758/2020 yang ditandatangani pada Senin (28/12/2020).

Dikutip dari Kompas.com, jenis vaksin COVID-19 yang dapat digunakan di Indonesia yaitu yang diproduksi PT Bio Farma, AstraZeneca, Sinopharm, Moderna, Novavax Inc, Pfizer Inc and BioNTech, dan Sinovac.

Salah satu jenis vaksin tersebut, yakni Sinovac, telah tiba di Indonesia pada Minggu (6/12/2021) dan telah disuntikkan kepada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada Rabu (13/1/2021).

Nah, kita sudah tahu belum, apa bedanya vaksin Sinovac dengan keenam jenis vaksin lainnya?

Baca Juga: Proses Penyuntikan Vaksin COVID-19 pada Presiden Joko Widodo

Vaksin Sinovac

vaksin sinovac

Jenis vaksin COVID-19 Sinovac bekerja untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh sehingga antibodi dapat melawan virus Corona.

Vaksin ini dibuat dengan platform atau metode virus yang telah dimatikan (inactivated virus).

Lewat cara tersebut maka tubuh bisa belajar mengenali virus penyebab COVID-19, SARS-COV-2, tanpa harus menghadapi risiko infeksi serius.

Selain itu, vaksin inactivated virus pada Sinovac juga memungkinkan vaksin lebih mudah disimpan di lemari es dengan standar suhu 2-8 derajat celsius dan dapat bertahan hingga tiga tahun.