Indonesia Tunda Penggunaan Vaksin AstraZeneca, Benarkah Bisa Sebabkan Pembekuan Darah?

By Elizabeth Nada, Senin, 15 Maret 2021 | 19:00 WIB
Ilustrasi vaksin (webmd.com)

CewekBanget.ID - Girls, selain vaksin Sinovac sebenarnya Indonesia juga sudah mendatangkan varian vaksin Covid-19 lainnya, yaitu vaksin AstraZeneca

Vaksin AstraZeneca atau vaksin Oxford telah tiba di Indonesia pada Senin, 8 Maret 2021 lalu. Vaksin ini dibuat oleh perusahaan AstraZeneca, perusahaan farmasi asal Inggris, yang bekerjasama dengan Oxford University.

Berdasarkan informasi yang dilansir dari Kompas.com, lebih dari 1,1 juta dosis vaksin AstraZeneca tiba melalui skema COVAX dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). 

Baca Juga: 5 Pesona Pacar Azriel, Sarah Menzel, Saat Pakai Dress. Anggun Banget!

Namun, belum lama ini terdengar kabar bahwa ada delapan negara Eropa, juga di Thailand pada akhirnya menunda penggunaan vaksin AstraZeneca, menyusul adanya laporan tentang terjadinya pembekuan darah pada pasien usai vaksinasi.

Walau belum dipastikan apakah itu berkaitan dengan vaksinasi vaksin AstraZeneca atau bukan, banyak negara yang akhirnya menunda penyuntikkan vaksin AstraZeneca sebagai respon atas dugaan dan kekhawatiran kalau vaksin ini bisa sebabkan pembekuan darah.

Lalu gimana dengan vaksin AstraZeneca yang sudah ada di Indonesia, ya?