Hati-Hati Kamera Tersembunyi di Toilet Umum! Gini Cara Mendeteksinya

By Salsabila Putri Pertiwi, Minggu, 28 Maret 2021 | 20:30 WIB
Aplikasi pendeteksi kamera tersembunyi (Foto : Youtube)

CewekBanget.ID - Baru-baru ini, sebuah unggahan tentang temuan kamera tersembunyi dalam toilet umum di sebuah mall di Jakarta membuat warganet geger dan menjadi viral di media sosial.

Hal tersebut kemudian menimbulkan kekhawatiran, terutama bagi cewek karena keamanan di ruang publik jadi semakin terancam.

Sayangnya, keberadaan kamera tersembunyi di toilet umum dan berbagai tempat pribadi di lokasi publik lainnya bukan hal baru dan sudah banyak memakan korban, karena dokumentasi tanpa izin tersebut kerap disalahgunakan oleh oknum enggak bertanggungjawab.

Kita jadi harus lebih waspada saat menggunakan fasilitas umum nih, girls!

Yuk, ketahui cara mendeteksi keberadaan kamera tersembunyi di toilet umum.

Baca Juga: Ruang Ganti Rawan Kamera Tersembunyi, 5 Titik Ini Harus Diwaspadai!

Perhatikan Benda Mencurigakan

Salah satu cara untuk mengetahui keberadaan kamera tersembunyi adalah dengan memperhatikan benda-benda atau lokasi yang tampak mencurigakan di toilet umum.

Lihat apakah ada benda yang diletakkan secara janggal, enggak berada pada posisi seharusnya, atau tampak asing dan seharusnya enggak ada di toilet.

Kamera tersembunyi juga bisa diletakkan di tempat-tempat yang enggak terduga, misalnya di balik cermin dua-arah atau pada detektor asap dalam ruangan, jadi kalau feeling kita enggak enak saat berada di toilet umum, perhatikan apakah kita bisa menangkap sekelebat lensa kamera atau kabel penghubung yang enggak lazim di bilik toilet maupun di luarnya.