Tidak Memperhatikan Kebersihan Rambut Selama di Rumah Aja, Masalah Ini Bisa Timbul!

By Nana Triana, Selasa, 30 Maret 2021 | 19:07 WIB
Tidak memperhatikan kebersihan serta kesehatan rambut membuat rambut cepat rontok. (Dok. Shutterstock)

CewekBanget.ID – Tidak bertemu dengan teman-teman sekelas dan jarang hang out karena diterapkannya school from home serta pembatasan aktivitas di luar rumah membuat kamu kurang memperhatikan kebersihan rambut.

Kamu mulai jarang mencuci rambut karena menganggap bahwa beraktivitas di rumah saja membuat rambut senantiasa bersih. Tak hanya itu, perlakuan terhadap rambut pun kurang hati-hati. Agar nyaman, sehari-hari, rambut diikat kuda, dicepol, atau dibiarkan terurai tanpa disisir.

Kebiasaan tersebut terkesan sepele, tetapi lama-kelamaan dapat mendatangkan beragam masalah. Ditambah dengan tingkat stres yang lebih tinggi akibat di rumah saja, rambut berpotensi mengalami masalah ini, girls.   

1. Rambut lepek

Rambut lepek menjadi masalah yang mungkin timbul apabila kebersihan dan kesegaran rambut tidak dijaga, terutama jika kamu memiliki jenis rambut berminyak.

Baca Juga: 4 Hal Keliru Tentang Rambut Ini Sering Kita Dengar dalam Sehari-Hari

Selain merusak penampilan rambut lepek akibat produksi minyak berlebih mengakibat gatal dan bau pada kulit kepala. Untuk mengatasinya kamu mesti rutin keramas setiap dua hari sekali sebelum atau sesudah aktivitas.

2. Rambut kasar dan kusam

Tak hanya lepek, rambu yang jarang dicuci akan menumpuk debu serta minyak yang mengakibatkan rambut menjadi lebih kasar.

Tidak hanya itu, minyak dan debu ini juga akan menutupi kilau alami rambut. Tekstur rambut juga akan berubah yang membuatnya tetap kusam meski kamu sudah menyucinya.

3. Rambut rontok

Rambut rontok menjadi momok menakutkan bagi seorang perempuan. Kondisi ini rentan terjadi selama di rumah aja. Rambut rontok umumnya disebabkan oleh banyak faktor, dari mulai gen, hormon, tak cocok dengan produk perawatan rambut, hingga makanan yang dikonsumsi.