Ini Arti FOMO dan YOLO, Bikin Remaja Sulit Mengatur Keuangan, Simak

By Dok Grid, Kamis, 12 September 2024 | 11:37 WIB
Ilustrasi YOLO dan FOMO yang membuat remaja sulit mengatur keuangan (freepik.com)

CewekBanget.ID - Girls, apakah kita sudah mulai merasa sulit mengatur keuangan di usia remaja sekarang ini?

Hmm, jangan-jangan kesulitan mengatur keuangan bagi kita yang masih remaja disebabkan oleh YOLO dan FOMO, nih!

Meski YOLO dan FOMO merupakan 2 istilah yang berbeda, kedua prinsip ini membuat remaja cenderung lebih konsumtif demi kepuasan diri sendiri dan mengikuti tren, sehingga mengatur keuangan jadi hal yang sulit untuk dilakukan.

Apa Itu YOLO dan FOMO?

Kepoin dulu yuk, definisi YOLO dan FOMO supaya kita enggak kelabakan saat harus mengatur keuangan untuk kebutuhan di masa depan, simak:

Baca Juga: Merasa FOMO dan Kecanduan Media Sosial? Gini 5 Cara Mengatasinya!

YOLO

Ilustrasi belanja online

YOLO atau 'You Only Live Once' adalah prinsip kalau kita bebas melakukan apa saja tanpa harus memikirkan konsekuensi jangka panjang karena kita 'hanya hidup satu kali'.

Misalnya nih, kita langsung membeli tiket pesawat untuk memenuhi rencana travelling karena kita merasa kesempatan enggak datang 2 kali.

Atau kita melihat barang yang ada di wishlist kita dijual di pasaran dan kita segera membelinya meski dengan harga sangat tinggi atau enggak masuk akal, hanya karena barang tersebut cukup sulit untuk ditemukan dan belum tentu kita bisa menemukannya lagi nanti.

Baca Juga: Baru Mulai Berkarier? Enggak Perlu FOMO dan Ingat 5 Hal Ini! 

FOMO

Ilustrasi FOMO

Nah, sementara itu, FOMO atau 'Fear of Missing Out' adalah prinsip yang timbul akibat gengsi atau kecenderungan untuk mengikuti tren.