Ini 4 Tempat Bersejarah yang Bisa Dikunjungi Saat Ulang Tahun Jakarta!

By Salsabila Putri Pertiwi, Sabtu, 8 Mei 2021 | 15:20 WIB
Bersepeda di Kawasan Kota Tua Jakarta. (Kompas.com)

CewekBanget.ID - Ulang tahun Jakarta dirayakan pada tanggal 22 Juni setiap tahunnya.

Dalam rangka ulang tahun ke-494 ibukota Republik Indonesia ini, mungkin ide yang bagus bagi kita untuk napak tilas sejarah Jakarta dengan mengunjungi sejumlah tempat bersejarah.

4 tempat wisata berikut ini bakal membawa kita kembali menelusuri sejarah Jakarta dan membuat kita lebih mengenal asal-usul dipilihnya tanggal ulang tahun Jakarta yang kini kita rayakan, nih!

Tapi ingat, kalau kita berencana untuk berwisata demi memperingati ulang tahun Jakarta nanti, protokol kesehatan tetap harus diterapkan dengan ketat, ya.

Baca Juga: Jelang Ulang Tahun Jakarta, Ini Sejarah Namanya yang Paling Dikenal!

Kawasan Kota Tua

Museum Fatahillah di kawasan Kota Tua Jakarta

Selain Monas, Kota Tua juga jadi salah satu ikon utama Jakarta yang enggak boleh kita lewatkan kalau sedang berjalan-jalan di ibukota, nih.

Di pusat kawasan Kota Tua, terdapat Museum Fatahillah atau Museum Sejarah Jakarta yang dibangun pada 1626 dan memiliki sejumlah obyek yang menandai perjalanan sejarah Jakarta, sejak masih berupa kota pelabuhan bernama Sunda Kelapa hingga menjadi Daerah Khusus Ibukota (DKI).

Bangunan Museum Fatahillah sendiri dulunya merupakan Gedung Balai Kota Jakarta pada masa kepemimpinan Gubernur Jenderal Jan Pieterszoon Coen.