Jelang Ulang Tahun Jakarta, Ini Sejarah Namanya yang Paling Dikenal!

By Salsabila Putri Pertiwi, Jumat, 7 Mei 2021 | 17:20 WIB
Kawasan wisata Kota Tua, Jakbar. (octa saputra/Otofemale.id)

CewekBanget.ID - Jakarta berulang tahun pada tanggal 22 Juni 1527; tanggal tersebut dicetuskan sebagai peringatan hari jadi ibu kota Indonesia ini sejak tahun 1956.

Tahun ini, Jakarta memasuki ulang tahun ke-494, lho!

Sebelum hingga setelah tanggal ulang tahun tersebut ditetapkan, sebetulnya Jakarta telah mengalami berbagai perubahan nama seiring pergantian sejarah.

Sudah tahu nama-nama apa saja yang paling dikenal saat digunakan Jakarta sejak jauh hari, sebelum penetapan 22 Juni sebagai tanggal ulang tahunnya? Kepoin sejarah pergantian nama daerah ibu kota Republik Indonesia ini sejak zaman kerajaan, pendudukan Belanda dan Jepang, hingga kemerdekaan Indonesia yuk!

Baca Juga: Rayakan HUT Jakarta dengan Tur Virtual untuk #WaktuBerkualitas, Yuk!

Sunda Kelapa

Pelabuhan Sunda Kelapa.

Jakarta pertama kali dikenal sebagai kota pelabuhan dengan nama Sunda Kalapa atau Sunda Kelapa sekitar abad ke-10.

Keberadaan Sunda Kelapa sendiri disinyalir telah ada sejak abad ke-5, ketika berada di bawah Kerajaan Tarumanegara, berdasarkan Prasasti Kebon Kopi tahun 942 Masehi.

Dilansir dari Wikipedia, Sunda Kelapa atau kerap disebut Kalapa dalam sumber teks dari Portugis, dianggap pelabuhan paling penting karena jaraknya termasuk paling dekat dari ibu kota kerajaan dibanding pelabuhan lain seperti pelabuhan Banten, Pontang, Cigede, Tamgara, dan Cimanuk.