Hi Girls, Ini Dia Satu Solusi Untuk Semua Masalah Menstruasi Kamu!

By Fathia Yasmine, Jumat, 21 Mei 2021 | 15:31 WIB
Ilustrasi remaja perempuan. (Charm)

CewekBanget.id – Ketika kamu sedang menstruasi dan mengalami berbagai keluhan, pernahkah kamu bingung harus bertanya ke mana tentang masalah ini?

Berbagai pertanyaan yang muncul seperti bagaimana mengatasi nyeri menstruasi, penyebab nyeri, apa itu pre-menstrual syndrome (PMS), hingga pertanyaan lain seperti boleh atau tidak berolahraga ketika menstruasi dan pantangan minum es kerap membuat bingung. Ditambah dengan kondisi tidak tahu harus bertanya kepada siapa, kamu akhirnya merasa sendirian.

Selain itu, banyak cewek juga mengalami perubahan seperti moody, jadi sering ngantuk, hingga lebih sensitif. Kamu tahu enggak Girls, kamu tipe cewek yang seperti apa kalau sedang menstruasi? Kalau belum tahu, coba baca ini dulu supaya kamu enggak merasa sendirian.

Sebagai informasi, menstruasi adalah suatu fase yang terjadi di dalam tubuh remaja cewek. Ketika cewek sudah menstruasi, tandanya tubuh sudah memproduksi sel telur yang siap dibuahi untuk mempersiapkan kehamilan.

Baca Juga: Cerita Horor Penjaga Rumah Kosong Soeharto, Sering Diganggu Penunggu!

Bagi cewek yang belum menikah, proses pembuahan tidak terjadi alias tidak terjadi kehamilan. Akibatnya, lapisan dinding rahim yang menebal akan keluar dari tubuh dalam bentuk cairan. Proses inilah yang dinamakan dengan menstruasi.

Meski menstruasi merupakan hal umum yang dialami cewek, tapi tahukah Girls bahwa pendidikan menstruasi di Indonesia masih sangat minim?

Menurut e-Koren dari BKKBN tahun 2017, sekitar 1 dari 5 remaja putri Indonesia tidak diperkenalkan dan minim persiapan tentang menstruasi. Mereka pun bahkan tidak begitu tahu berbagai informasi tentang perubahan di tubuh mereka ketika mulai mengalami masa puber.

Oleh sebab itu, pendidikan menstruasi menjadi hal yang penting. Apalagi, perkembangan fisik laki-laki dan perempuan sangatlah berbeda.

Baca Juga: Ini Tips Merawat Rambut Rapuh dan Rusak Akibat Bleaching di Rumah!

Supaya tidak ada rasa gelisah dan tidak nyaman dari para remaja cewek, mereka membutuhkan tempat untuk saling berbagi cerita dan pengalaman mengenai menstruasi serta tubuh mereka sendiri.

Lalu, bagaimana caranya remaja cewek bisa mencari lebih banyak informasi tentang menstruasi? Jangan khawatir, Girls! Di tengah kondisi pandemi, kamu bisa memanfaatkan internet untuk mencari info lengkap seputar menstruasi.