Takut Mengalami Kebocoran Data di Internet? Periksa dengan 5 Cara Ini!

By Salsabila Putri Pertiwi, Sabtu, 29 Mei 2021 | 14:45 WIB
Ilustrasi handphone (foto: gadgetren.com)

CewekBanget.ID - Belakangan ini, kasus kebocoran data pribadi jadi permasalahan yang ramai dibincangkan.

Dilansir dari Kompas.com pada Sabtu (29/5/2021), data BPJS Kesehatan bocor dan terungkap setelah seorang anggota Raid Forums, 'Kotz', mengaku mengantongi data 279 juta peserta BPJS Kesehatan dan melelangnya di forum itu; bahkan, sebanyak 20 juta di antaranya memuat foto pribadi.

Akhirnya, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika memblokir forum online tersebut karena dianggap melanggar peraturan perudang-undangan di Indonesia.

Kebocoran data di internet sama sekali bukan hal yang baru terjadi sekali; faktanya, kasus seperti ini banyak banget ditemukan dan rentan menyerang siapa saja yang lalai menjaga keamanan data di internet.

Nah, demi mencegah kejadian seperti itu menimpa kita, yuk lebih berhati-hati di internet dan pastikan data pribadi kita aman dengan memeriksanya melalui 5 cara ini!

Baca Juga: Jangan Sembarangan Doxing Data Orang Lain! Bisa Kena Pidana, Lho!

Periksadata.com

Periksadata.com

Salah satu cara untuk mengecek keamanan data kita di internet adalah melalui aplikasi atau situs Periksadata.com buatan pendiri Komunitas Ethical Hacker Indonesia, Teguh Aprianto.

Meski jumlah laporan yang masuk di aplikasi tersebut masih terbatas, kita bisa mencoba menggunakannya untuk memastikan keamanan data digital kita.

Caranya gampang banget, girls! Kita cukup memasukkan alamat e-mail yang hendak dicek di kolom yang tersedia, lalu klik 'Periksa Sekarang'.

Kalau data kita bocor, aplikasi ini bakal menampilkan berbagai peristiwa kebocoran yang terjadi, termasuk memuat berbagai aplikasi dan situs yang pernah kita gunakan dengan mendaftarkan alamat e-mail tersebut serta waktu kejadiannya.

Periksadata.com juga memberitahukan jenis data yang bocor, misalnya alamat e-mail, IP, alamat, nama lengkap, dan sebagainya, serta menjelaskan cara tepat melindungi data kita agar enggak kecolongan lagi di internet.