Ulang Tahun Jakarta Tanggal 22 Juni, Kepoin 8 Ikon Budaya Betawi Ini!

By Salsabila Putri Pertiwi, Minggu, 30 Mei 2021 | 17:20 WIB
Ondel-ondel adalah salah satu kesenian dari Betawi. (Kompas.com/Kristianto Purnomo)

CewekBanget.ID - Ulang tahun Jakarta dirayakan setiap tanggal 22 Juni setiap tahunnya.

Tentu bukan hanya tentang sejarah hari ulang tahun ibu kota Republik Indonesia ini, kita juga bisa mencari tahu tentang banyak hal lainnya seputar Jakarta dan suku Betawi, termasuk hal-hal yang menjadi ciri khas daerah khusus ibu kota ini.

Fyi, Jakarta memiliki 8 ikon tradisional yang disahkan dalam Peraturan Daerah No. 4 / 2015 tentang Pelestarian Kebudayaan Betawi, Peraturan Gubernur 229/2016 tentang Pelestarian Kebudayaan Betawi, dan Peraturan Gubernur No 11/2017 tentang Ikon Budaya Betawi oleh Pemerintah DKI Jakarta.

Kita pasti tahu 8 ikon kebudayaan Betawi yang sering terlihat di acara perayaan ulang tahunnya ini, tapi kita tahu sejarah dan filosofi di baliknya enggak, nih? Makanya, kepoin dulu, deh!

Baca Juga: Ulang Tahun Jakarta, Sudah Tahu 5 Tradisi Unik Betawi Berikut Ini?

Ondel-Ondel

Pantas saja kesenian yang satu ini jadi ikon Betawi atau Jakarta! Kalau kita melihat ondel-ondel, kita pasti langsung teringat pada DKI Jakarta, bukan?

Dilansir dari situs Setu Babakan, ondel-ondel merupakan salah satu kesenian khas Betawi yang memiliki filosofi sebagai lambang kekuatan yang memiliki kemampuan memelihara keamanan dan ketertiban, tegar, berani, tegas, jujur dan anti manipulasi.

Penampilan ondel-ondel laki-laki berwarna merah dengan alis hitam tebal, sementara ondel-ondel perempuan berwarna putih, bermata hitam sayu, alis hitam melengkung, bulu mata lentik, bibir merah, telinga bergiwang atau beranting anting, dan jidatnya bermahkota. 

Eits, tapi tahu enggak sih, girls? Sebelum dikenal sebagai sarana kesenian dan hiburan, ondel-ondel aslinya merupakan penolak bala atau kesialan, lho!

Bahkan, dulu ondel-ondel harus dibawa ke makam keramat terlebih dulu sebelum diarak keliling kampung oleh warga. Hiiy!