Jangan Pakai Headset Terlalu Lama Lagi. Bahaya Bagi Pendengaran!

By None, Minggu, 6 Juni 2021 | 18:30 WIB
Ilustrasi belajar sambil mendengarkan musik (screenshot careeraddict.com)

CewekBanget.ID - Rasanya kurang lengkap kalau kita mendengarkan musik atau menonton melalui ponsel tanpa menggunakan headset atau earphone.

Perangkat tersebut memang sangat mempermudah kita untuk mendengarkan audio dari ponsel atau gadget lainnya, sehingga enggak terganggu oleh suara-suara lain di sekitar kita.

Tapi jangan pakai headset terlalu lama dan sering ya girls, karena ternyata dampaknya buruk bagi telinga dan pendengaran kita!

Baca Juga: Ini yang Akan Terjadi Pada Telinga Saat Terlalu Sering Memakai Headset

Bahaya Bagi Pendengaran

Penggunaan headset dalam jangka panjang bisa menjadi masalah jika sering dipakai dengan durasi yang lama dan volume yang keras.

Awal 2015, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan bahwa 1,1 miliar orang muda mempunyai risiko kehilangan pendengaran karena alat audio pribadi dan kebisingan suara di tempat-tempat hiburan, seperti diskotek dan konser musik yang tingkat kebisingan dapat mencapai 120 dB selama berjam-jam.

Dilaporkan 1 dari 5 remaja Amerika Serikat sudah menderita gangguan pendengaran dan gangguan pendengaran di kalangan remaja saat ini adalah sekitar 30 persen lebih tinggi dibandingkan pada tahun 1980-an dan 1990-an.

 

Seseorang masih aman mendengarkan suara di headset sampai 85 desibel (dB) sepanjang hari atau 8 jam, kira-kira setara dengan suara lalu lintas kota yang bising.

Jika mendengarkan melebihi angka itu, kemampuan pendengaran seseorang bisa terancam.

Baca Juga: Baik Buat Telinga, Gini 4 Langkah Bersihkan Earphone Biar Bebas Kuman!