Hati-hati, 6 Jenis Celana Dalam Ini Bisa Bikin Vagina Kita Infeksi!

By Monika Perangin, Rabu, 16 Juni 2021 | 20:20 WIB
celana dalam (intisari online)

CewekBanget.ID - Kita mungkin enggak tahu atau sering lupa kalau celana dalam juga punya peran penting dalam menjaga kesehatan vagina. 

Penelitian yang diterbitkan pada tahun 2018 di Obstetrics & Gynecology, menunjukkan bahwa mengenakan pakaian dalam yang enggak berbahan katun bisa membuat kita terkena infeksi jamur.

Bahkan, kain sintetis seperti poliester dan renda juga bisa mengganggu kesehatan vagina karena menahan panas dan kelembapan, yang bisa mengiritasi kulit, dan menciptakan lingkungan bagi bakteri atau jamur untuk tumbuh dan berkembang biak.

Baca Juga: Sering Malas Ganti Celana Dalam? Waspada 4 Bahaya yang Mengintai!

"Kain yang bisa kita pakai adalah yang bisa membuat kulit kita bernapas dan memiliki kemampuan untuk mengurangi kelembapan," kata Jennifer Wider, MD, pakar kesehatan perempuan dan penulis The Savvy Woman Patient.

“Akibatnya, cewek yang memakai katun 100 persen memiliki lebih sedikit kemungkinan iritasi vagina dan infeksi jamur, "ujar dr Wider. 

Ini dia beberapa macam celana dalam yang bisa bikin vagina kita infeksi!

Ukurannya terlalu kecil

Celana dalam

Ukuran adalah hal yang sangat penting.

Bukan hanya karena kita enggak mau ada garis atau ceplakan celana dalam, tapi celana dalam yang ketat bisa bikin kulit kita jadi panas dan berkeringat.

Garis yang tercetak karena celana dalam kekecilan bisa bikin iritasi dan infeksi. 

Pada beberapa perempuan, pakaian dalam yang enggak pas bisa memicu gejala kondisi menyakitkan yang dikenal sebagai vulvodynia.

“Jika pakaian dalam kita terlalu ketat atau terlalu kecil, kemungkinan iritasi vagina dan vulva meningkat,” kata Dr. Wider.