Jadi Keunggulan Diri, 4 Soft Skill Ini Harus Dimiliki Lulusan Vokasi!

By Salsabila Putri Pertiwi, Jumat, 17 September 2021 | 20:00 WIB
ilustrasi kerja (foto: freepik.com)

CewekBanget.ID - Buat kita yang sudah atau akan menjadi lulusan vokasi, tentu kita memiliki keahlian teknis atau hard skill yang sudah terasah selama menempuh pendidikan di sekolah vokasi sesuai bidang keahlian yang diambil.

Tapi selain hard skill, sebetulnya kita juga harus mengembangkan keahlian non-teknis (soft skill) untuk dapat bersaing di tengah para lulusan vokasi maupun non-vokasi lainnya yang juga sedang mencari pekerjaan.

Pastikan kita memiliki dan mampu mengasah soft skill berikut ini supaya kita menjadi lulusan sekolah vokasi yang lebih unggul dibanding yang lain!

Baca Juga: Sebelum Ikuti Program Vokasi, #Girls4TheFuture Harus Tahu Ini!

Komunikasi

Kemampuan berkomunikasi jadi salah satu soft skill yang harus dimiliki dan dikembangkan oleh para lulusan sekolah vokasi.

Pasalnya, kita enggak bekerja seorang diri di tempat kerja nantinya, jadi menjalin komunikasi yang baik dengan rekan kerja, atasan, dan klien merupakan kemampuan yang mesti dimiliki.

Komunikasi yang efektif juga dapat membantu kita menyampaikan pesan dengan lebih singkat dan padat kepada orang lain, sehingga dapat meminimalisir kesalahpahaman atau miskomunikasi yang enggak perlu.

Baca Juga: #Girls4TheFuture Catat! 5 Universitas di Indonesia Ini Punya Program Vokasi Lho!